6 Situs Alternatif Selain Google Play Store



Baca Juga

Google Play adalah tujuan utama bagi pengguna Android yang memenuhi semua kebutuhan untuk aplikasi dan game. Tetapi bahkan dengan koleksi jutaan aplikasi yang sangat banyak, kamu mungkin tidak menemukan aplikasi yang kamu cari. Aplikasi ini mungkin tidak tersedia di wilayah kamu, mungkin dalam tahap pengembangan, atau perangkat kamu mungkin tidak memiliki akses ke Play Store. Ini bukan masalah sama sekali karena ada solusi pilihan Play Store lain yang aman untuk dikunjungi.

 Situs Alternatif Selain Google Play Store

Pemasangan aplikasi dari sumber apa pun selain Google Play Store diblokir di Android secara default. Jadi, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengaktifkan pemasangan aplikasi dari sumber yang tidak diverifikasi. Buka Pengaturan> Keamanan. Ketuk "Sumber tidak dikenal" untuk mengaktifkannya.

Catatan: Harap perhatikan bahwa daftar aplikasi dan situs web yang disebutkan di bawah ini bukan peringkat; Kamu disarankan untuk membaca fitur mereka dan menggunakan fitur-fitur yang sesuai dengan kamu. 

Berikut  6 Situs Alternatif Selain Google Play Store yang kami rekomendasikan untuk kamu semua.

1. Aptoide

Aptoide telah dirancang sesuai dengan standar Google, dan pengalamannya hampir sama baiknya dengan Play Store dengan antarmuka pengguna yang dirancang dengan baik. Aptoide adalah toko aplikasi Android open source dengan lebih dari 700.000 aplikasi untuk dipilih dari koleksinya yang memiliki lebih dari 3 miliar unduhan. Ini telah digunakan oleh lebih dari 150 juta pengguna di seluruh dunia sejak diluncurkan pada tahun 2009.Ada beberapa versi aplikasi Aptoid yang tersedia:
  • Aptoide app untuk smartphone dan tablet 
  • Aptoide TV yang merupakan edisi untuk Smart TV dan Set-top Boxes 
  • Aptoide VR dan Aptoide Kids untuk perangkat anak-anak.
Ini memungkinkan kamu untuk mengunduh APK ke perangkat kamu secara langsung dan menginstalnya. Ini adalah toko aplikasi yang aman dan mudah untuk Android yang dapat kamu gunakan sebagai alternatif Google Play Store yang hebat.

2. ApkMirror

ApkMirror adalah host sejumlah besar aplikasi gratis saja. Tidak ada aplikasi berbayar yang dapat diakses di sini. ApkMirror tidak memiliki aplikasi Android sendiri, jadi pengguna harus mengunjungi situs web mereka untuk unduhan APK.  

Aplikasi yang tersedia bebas dari malware dan aman untuk diunduh. Aplikasi di beranda disusun secara kronologis berdasarkan tanggal. Aplikasi yang populer selama sebulan, selama seminggu atau lebih dari 24 jam terakhir tersedia dalam satu bagian untuk mengurangi urutan popularitas mereka. Antarmuka adalah salah satu yang paling mudah digunakan di antara semua toko aplikasi lainnya.

3. GetJar

GetJar telah ada sejak lama dan bahkan lebih tua dari Play Store. Ini menyediakan lebih dari 800.000 jenis aplikasi seluler di berbagai platform seluler utama termasuk Blackberry, Symbian, Windows Mobile, dan Android. Aplikasi ini diatur ke dalam kategori dan subkategori di dalam toko yang membuatnya lebih mudah untuk menemukan apa yang kamu inginkan. Antarmuka desktop menyerupai antarmuka seluler dan membuat penjelajahan menjadi nyaman. Pemilihan aplikasi sangat besar, tetapi tidak semuanya up to date.

Aplikasi dibagi menjadi beberapa kategori dan subkategori di dalam toko yang membuatnya lebih mudah untuk menemukan apa yang kamu inginkan. Antarmuka desktop menyerupai antarmuka seluler dan membuat penjelajahan menjadi nyaman. Pemilihan aplikasi sangat besar, tetapi tidak semuanya up to date.

4. SlideMe

SlideMe merupakan pemain jangka panjang lain dalam bisnis toko aplikasi yang aman dan mudah dipasang adalah SlideMe. Kebanyakan Proyek Open Source Android (AOSP) OEM dimuat dengan SlideMe Market. Ini menyediakan aplikasi gratis dan premium dalam berbagai kategori, dan semuanya melewati proses kontrol kualitas.

Berdasarkan lokasi geografis dan metode pembayaran, SlideMe membuka pasar yang nyaman bagi pengembang.

5. F-Droid

F-droid adalah salah satu toko aplikasi yang memiliki fokus untuk menawarkan perangkat lunak aplikasi gratis dan open source (FOSS) Android saja. Aplikasi di toko dikategorikan dengan baik, dan kamu akan menemukan banyak koleksi aplikasi gratis. Singkatnya, seluruh situs dan toko aplikasi dijalankan oleh relawan dan bergantung pada donasi. Jadi, jika kamu menemukan aplikasi yang kamu sukai, pertimbangkan untuk membuat sumbangan kecil agar tetap berjalan.Uniknya, seluruh situs dan toko aplikasi dijalankan oleh relawan dan bergantung pada donasi. Jadi, jika kamu menemukan aplikasi yang kamu sukai, pertimbangkan untuk membuat sumbangan kecil agar tetap berjalan.

F-Droid populer di kalangan pengembang Android karena mereka memiliki akses mudah ke semua kode aplikasi. Mereka dapat menggunakan sebagian kode untuk membuat aplikasi mereka sendiri. Aplikasi tidak memiliki ulasan atau peringkat dan tidak selalu stabil seperti yang dapat ditemukan di Google Play. Jika kamu seorang pengembang, maka itu adalah situs untuk kamu.

6. Opera Mobile Store

Sebagian besar dari kita menyadari browser web Opera Mini yang populer, tetapi sangat sedikit yang tahu tentang pasar aplikasi dalam browsernya yang dapat bertindak sebagai alternatif untuk Play Store. Opera Mini App Store tersedia di semua browser Opera. Pembelian dalam toko aplikasi aman dan melihat lalu lintas besar karena basis pengguna browser Opera yang besar. Aplikasi populer versi lama juga tersedia di Opera Mobile Store. Ini juga membuat aplikasi tersedia dalam bentuk APK untuk mempermudah berbagi dan pemasangan.

Pengalaman pengguna tidak cukup bagus, tetapi katalog aplikasinya tidak terbatas.

Sekian artikel tentang 6 Situs Alternatif Selain Google Play Store yang dapat kamu coba dan yang pastinya ke seluruhan situs tersebut menyediakan aplikasi yang aman untuk ponsel kita. Jika kamu mempunyai pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar yang ada di bawah artikel ini.


Subscribe to receive free email updates: