8 Situs Terbaik Alternatif YouTube



Baca Juga

Tidak diragukan lagi jika YouTube merupakan platform internet yang paling dominan untuk streaming video online gratis. Disini kamu dapat menemukan miliaran video yang dilihat dan dikomentari setiap hari. Dengan penambahan sejumlah besar konten setiap hari, basis pengguna yang luas terus tumbuh aktif.

8 Situs Terbaik Alternatif YouTube

Namun, dengan panduan platform yang direvisi tanpa pemberitahuan sebelumnya dan keluhan lain yang terkait, sebagian besar pengguna yang tidak puas mencari situs web alternatif YouTube lainnya yang dapat menawarkan konten serupa kepada mereka.

Jika kamu adalah salah satunya dan mencari situs video streaming yang berbeda, berikut ini

8 Situs Terbaik Alternatif YouTube

1. Dailymotion

Dailymotion adalah situs berbagi video populer seperti Youtube dan memiliki antarmuka yang mirip dengannya. Di sini, seseorang dapat menemukan video yang sedang tren atau menemukan lebih banyak melalui bagian kategori dan bilah penelusuran di bagian atas.

Pembuat konten dapat mengunggah konten hingga 4GB dalam ukuran dan 60 menit panjangnya dengan resolusi 1080p. Dengan 112 juta pengunjung per bulan, platform ini berfungsi sebagai gerbang luar biasa untuk berbagi konten kamu dengan orang-orang di seluruh dunia.

Meskipun Dailymotion memiliki seperangkat aturan dos dan don`t, tetapi kebijakan hak cipta tidak seseram YouTube. Jadi ada fleksibilitas dan toleransi yang lebih baik untuk pengupload konten, tetapi perkenalan ini juga disertai dengan reaksi.

Ada juga pilihan untuk memonetisasi konten melalui iklan atau paywall. Jadi, pemirsa dapat berharap untuk melihat iklan di beberapa video sementara video lain sepenuhnya gratis.
Mengapa menggunakan Dailymotion?
  • Konten berkualitas tinggi
  • Tata letak situs web yang mirip dengan YouTube yang membuatnya lebih mudah digunakan
  • Aturan lemah dengan risiko penghapusan konten lebih sedikit

2. Vimeo

Vimeo adalah salah satu situs hosting video terbaik bagi para seniman dan pembuat film berkelas. Platform ini mendorong para profesional di bidang seperti musik, tari, sinematografi, fotografi atau karya kreatif lainnya untuk memamerkan karya mereka.

Jadi jika kamu ingin melihat beberapa video kucing dan anjing acak, kamu mungkin harus mencari di tempat lain. Tetapi jika video pendek klasik, klip musik eksperimental, atau cuplikan yang menarik, Vimeo adalah tempat yang tepat untuk kamu.

Platform ini memiliki panduan ketat untuk mengunggah konten karena konten berkualitas tinggi di mana kamu juga dapat menikmati konten visual 4K Ultra HD dengan HDR. Hal terbaik tentang Vimeo adalah model bebas iklannya. Situs ini didukung oleh donasi yang dibuat oleh pengguna dan paywall untuk beberapa video.

Sejauh yang dianggap kontra, batas unggahan mingguan 500 MB dapat mengecewakan bagi pembuat konten. Meskipun ada opsi untuk meningkatkan batas ini menjadi 5GB namun itu terlalu sedikit mengingat kamu membayar untuk itu.
Mengapa menggunakan Vimeo?
  • Antarmuka yang rapi dengan kategori yang terdefinisi dengan baik untuk pencarian yang mudah
  • Lebih fokus pada video dan elemen yang kurang mengganggu di latar belakang untuk pengalaman menonton yang lebih baik

3. Metacafe

Salah satu situs video streaming tertua, Metacafe, muncul pada tahun 2003 bahkan sebelum YouTube ditayangkan. Situs web ini mengkhususkan diri dalam konten video berdurasi pendek dengan fokus pada klip berdurasi 90 detik, menawarkan video singkat dan ringan kepada pelanggannya.

Antarmuka minimal Metacafe memiliki bagian yang dikategorikan dengan rapi untuk penjelajahan yang lebih baik dan melayani sekitar 40 juta pemirsa. Namun, jika kamu mencari video yang dibuat secara profesional atau topik yang rumit, platform ini bukan untuk kamu.

Situs ini memiliki lebih banyak konten clickbaity dengan gambar mini dan judul yang licik, tetapi untuk seseorang yang lebih suka menghabiskan waktu pada klip lucu pendek yang dibuat oleh pengguna biasa, Metacafe adalah alternatif YouTube terbaik bagi mereka.
Mengapa menggunakan Metacafe?
  • Situs luar biasa untuk menikmati video 90 detik pendek
  • Menawarkan tinjauan produk cepat dan langsung, panduan cara, dan konten lucu

4. DTube

Blockchain adalah mode terbaru di kota teknologi dan berdasarkan teknologi ini, platform video baru, DTube telah muncul. Situs web terdesentralisasi ini adalah alternatif yang baik untuk YouTube dan juga memiliki antarmuka pengguna yang serupa.

Kamu dapat menjelajah melalui video yang panas, trending, dan. Ada juga pilihan untuk menyimpan video untuk ditonton nanti dan memeriksa konten viral melalui tag yang sedang tren.

Bagian terbaiknya adalah DTube bebas iklan. Situs ini menggunakan blockchain Steem untuk menyimpan catatan dan pengguna tidak perlu melakukan setoran awal atau membayar biaya transaksi apa pun.

Bahkan, mengunggah video di DTube memberi kamu hadiah Steem crypto-currency rewards selama tujuh hari. Selain itu, pengguna yang meninggalkan komentar pada video juga memiliki peluang menghasilkan uang.
Mengapa menggunakan DTube?
  • Situs web bebas iklan yang memberi kamu pengalaman menonton tanpa gangguan
  • Platform berbasis Blockchain dengan peluang menghasilkan mata uang kripto

5. Veoh

Veoh adalah situs web hosting video seperti YouTube yang memungkinkan kamu dengan mudah menemukan, menonton, dan mempersonalisasi pengalaman menonton online kamu.

Jika kamu menikmati menonton video yang lebih panjang, Veoh dapat menjadi pilihan yang baik karena memungkinkan pengguna untuk mengunggah dan memposting video dengan panjang tak terbatas. Seseorang dapat menemukan beberapa film, serial TV, dan bahkan anime di situs ini.

Dengan antarmuka pengguna yang bersih, dan beberapa fitur jejaring sosial seperti menambahkan kontak, membuat grup dan mengirim pesan langsung, Veoh membuat alternatif YouTube yang bagus.
Mengapa menggunakan Veoh?
  • Disarankan untuk video dan film berdurasi panjang

6. Internet Archive’s Video Section

Situs web ini persis seperti yang dikatakannya - arsip yang memiliki banyak konten yang disimpan di dalamnya. Dari film dokumenter ke serial TV dan film, kamu akan menemukan variasi yang mengejutkan di bagian video dari Arsip Internet.

Kamu dapat mengurutkan konten dengan menyetel filter untuk tahun, bahasa, topik & subjek. Dengan menjelajah, seseorang dapat menemukan video tertentu yang sulit didapat di platform lain. Selain itu, siapa pun dapat berkontribusi pada arsip dengan mengunggah konten secara gratis.
Mengapa menggunakan Internet Archive?
  • Kumpulan besar film dokumenter lama, serial TV, film

7. TV 9Gag

Jika kamu berburu untuk situs web berbagi video yang akan memberi kamu hiburan murni, maka 9GagTV adalah tempat yang cocok untuk kamu. Pengguna Facebook dan Twitter sudah akrab dengan saluran ini yang menawarkan pasokan hiburan tak terbatas dalam bentuk GIF, gambar, dan meme.

Situs ini juga menjadi tempat koleksi besar video lucu, cuplikan film, dan konten yang menarik seperti YouTube. Kamu dapat menjelajah melalui bagian ‘WOW’ dan ‘WTF’ yang memiliki konten menghibur yang dihosting di atasnya, tetapi beberapa di antaranya mungkin NSFW.
Mengapa menggunakan 9GagTV?
  • Persediaan konten visual yang menghibur tanpa henti

8. The Open Video Project

The Open Video Project, diluncurkan pada tahun 1998, adalah perpustakaan digital yang memiliki sekitar 195 segmen video. Situs ini adalah repositori video digital yang memiliki beberapa dokumenter, konten terkait pendidikan dan sejarah di atasnya.

Kamu dapat memilih dari konten yang tersedia dengan menyetel filter untuk durasi waktu, suara, dan format tertentu. Sebagian besar video di platform ini sebagian besar disumbangkan oleh lembaga pemerintah AS.
Mengapa menggunakan Proyek Video Terbuka?
  • Alternatif YouTube terbaik untuk menemukan film dokumenter pendidikan

Meskipun tidak ada satu situs yang dapat menjadi pengganti lengkap untuk YouTube, tetapi pemirsa dan pembuat konten dapat menggunakan kombinasi situs web tersebut sesuai dengan kebutuhan mereka. Saya harap postingan ini bermanfaat untuk kamu. Jangan ragu untuk memilih salah satu situs web yang direkomendasikan di atas dan jika kamu menemukan beberapa situs video hebat lainnya, beri tahu kami di bagian komentar.


Subscribe to receive free email updates: