Apa yang Harus Dilakukan Saat Tombol Power Android Rusak



Baca Juga

Tombol power yang rusak tampaknya menjadi akhir baris untuk perangkat kamu. Tapi jangan khawatir, ada banyak alternatif untuk menjaga perangkat kamu tetap bekerja dalam keadaan normal bahkan dengan tombol power yang rusak. Tidak semua metode ini berfungsi untuk semua perangkat. Dalam artikel ini, kami telah mengumpulkan sejumlah cara untuk mengatasi tombol power yang rusak dan kamu dapat memilih salah satu yang berfungsi untuk kamu.

Apa yang Harus Dilakukan Saat Tombol Power Android Rusak

Jika kamu merasa tombol power kamu bermasalah, hal yang terpenting yang perlu kamu lakukan untuk memastikan bahwa kamu tidak kehilangan akses ke perangkat kamu adalah untuk mengaktifkan fitur debugging USB dan Penghentian Daya Terjadwal.

Bagaimana cara mengaktifkan debugging USB di Android?

  1. Buka aplikasi Pengaturan kamu.
  2. Ketuk Opsi Pengembang. Jika kamu tidak melihat Opsi Pengembang di Setelan, kamu dapat mengaktifkannya dengan membuka Tentang ponsel lalu ketuk pada nomor bentukan beberapa kali hingga munculan pesan bertuliskan “Anda dalam mode pengembang”.
  3. Aktifkan opsi Pengembang.
  4. Temukan debugging USB dan ketuk untuk mengaktifkannya.

Bagaimana Menghidupkan ON Power ON Terjadwal?

Jika perangkat kamu mendukung daya ON / OFF daya, kamu dapat menonaktifkannya di Pengaturan untuk mengotomatiskan daya hidup dan daya mati.
  1. Pergi ke Pengaturan. Cari "Daya terjadwal ON / OFF" pada tombol pencarian yang ditampilkan di sudut kanan atas.
  2. Alihkan Daya ke ON dan setel waktu yang kamu inginkan agar daya aktif setiap hari.

Cara Membuka Kunci Perangkat Android Saat Tombol Daya Tidak Bekerja

Kami dapat mempertimbangkan dua skenario di mana kamu dapat terjebak dengan tombol power yang rusak. Perangkat kamu mungkin dalam keadaan aktif atau mungkin dalam keadaan mati. Cobalah untuk tidak membiarkan perangkat kamu dimatikan karena langkah-langkah untuk mengontrol perangkat kamu tanpa tombol power jauh lebih mudah ketika perangkat dalam keadaan aktif.

Cara menghidupkan ulang perangkat dengan tombol power yang rusak saat perangkat Mati

  1. Setelah semua daya perangkat habis, cukup hubungkan perangkat kamu ke pengisi daya. Hal ini dapat memulai ulang perangkat kamu. Kamu juga dapat mencoba menekan tombol volume kamu dalam kombinasi yang berbeda untuk boot ke menu pemulihan. Di sana kamu dapat memilih "reboot now" dengan menekan tombol Power.
  2. Coba hubungkan ke PC atau laptop melalui kabel USB. Tindakan ini mungkin akan me-reboot perangkat juga.
  3. Jika kamu mengaktifkan USB debug, maka kamu dapat memulai ulang perangkat kamu menggunakan perintah ADB. Instal driver perangkat kamu dan kemudian kamu dapat me-reboot perangkat kamu dengan mengetikkan perintah “adb reboot”. Ikuti tutorial online untuk perangkat khusus kamu.

Cara membuka kunci perangkat dengan tombol power yang rusak saat perangkat dalam keadaan dinyalakan

Hal ini relatif lebih mudah untuk menghidupkan layar kamu ketika perangkat dalam keadaan dinyalakan. Kamu dapat mencoba memanggil perangkat kamu dari nomor lain untuk menghidupkan layar. Menghubungkan charger atau kabel USB juga dapat mengaktifkan layar.

Kamu dapat menggunakan aplikasi untuk mengimbangi tombol power. Aplikasi-aplikasi ini dapat mematikan layar perangkat kamu, membangunkan layar atau, melakukan tugas yang paling diperlukan untuk mem-boot perangkat kamu.

Catatan: Aplikasi semacam ini umumnya menggunakan hak administrator perangkat. Sebelum mencopot pemasangannya, kamu harus pergi ke Pengaturan > Administrator Perangkat dan hapus centang aplikasi dari daftar.
  1. Shake to Lock/Unlock adalah aplikasi ringan yang dapat melakukan persis seperti namanya. Getaran lembut dapat membangunkan layar kamu dan juga dapat mematikannya.
  2. Gravity Screen adalah aplikasi yang sangat berguna jika kamu mengalami tombol power yang rusak. Secara otomatis dapat mengubah layar kamu OFF ketika kamu meletakkannya di saku kamu atau pada permukaan yang datar. Kamu dapat memilih untuk tetap menghidupkan layar saat perangkat sedang bergerak. Gravity Screen memungkinkan kamu untuk mengatur parameter kamu sendiri untuk mengkalibrasi berbagai kepekaan terhadap preferensi kamu.
  3. Power Button to Volume Button adalah aplikasi yang dapat membuat tombol volume kamu bertindak seperti tombol daya untuk membangunkan layar kamu dari tidur. Tetapi kamu tidak dapat menggunakannya untuk memulai ulang perangkat kamu. aplikasi ini juga dapat menampilkan pemberitahuan terus-menerus di panel notifikasi yang dapat mematikan layar saat kamu mengetuknya.
Meskipun aplikasi ini bermanfaat, mereka dapat menguras daya baterai dan dapat merusak masa pakai baterai dalam jangka panjang. Pertimbangkan aplikasi dan teknik ini sebagai solusi sementara dan perbaiki perangkat kamu secara permanen dengan mengunjungi beberapa toko terdekat.


Subscribe to receive free email updates: