Facebook Menyimpan Log Panggilan Dan Riwayat SMS Selama Bertahun-Tahun



Baca Juga

Apakah kamu sudah tahu bahwa Facebook telah menyimpan Log Panggilan dan Riwayat SMS kita selama bertahun-tahun. Seperti yang telah dikabarkan oleh Cambridge Analytica.

Data tersebut ditemukan oleh banyak pengguna Android setelah mereka mengunduh salinan offline data akun Facebook mereka. Sebelumnya, dikatakan bahwa perusahaan melakukannya tanpa bertanya kepada pengguna. Namun menurut posting blog terbaru Facebook, hal itu tidak benar.

Dalam pembelaan mereka, Facebook mengatakan bahwa penyimpanan terus-menerus log panggilan dan riwayat SMS adalah "bagian dari fitur opt-in untuk orang yang menggunakan Messenger atau Facebook Lite di Android." Facebook mulai menyimpan  data tersebut setelah pengguna setuju untuk mengaktifkan fitur berbagi kontak di Messenger atau Facebook Lite selama proses masuk ke dalam aplikasi.


Perusahaan mengatakan bahwa data yang dikumpulkan dapat membantu mereka meningkatkan pengalaman bagi orang-orang. Namun mereka gagal menyebutkan dengan tepat jenis pengalaman apa yang seang mereka bicarakan.

Facebook mengklaim bahwa mereka tidak pernah menjual data ini dan konten teks atau panggilan yang sebenarnya tidak diunggah ke server mereka. Perusahaan berpendapat bahwa itu adalah hal yang biasa untuk sebuah aplikasi dan layanan sosial untuk menyebarkan importir kontak "sebagai cara untuk lebih mudah menemukan orang-orang yang ingin kamu hubungkan."

Untungnya, di perangkat iOS, pengumpulan data tidak mungkin karena kebijakan privasi ketat dari Apple. Ada kemungkinan di Android karena izinnya tidak terlalu ketat di masa lalu.

Bagaimana cara menghentikan penyimpanan Log Panggilan dan Riwayat SMS yang dilakukan Facebook ? 

Fitur pengumpulan data opt-in dapat dengan mudah dimatikan di Messenger, dan juga Facebook Lite. Berikut ini cara menghentikan pengumpulan data Facebook di Messenger.

Di aplikasi Messenger kamu, klik Gambar Profil kamu di sudut kanan atas.
Kemudian, klik People. Sekarang, kamu perlu mengklik Sync Contacts untuk mematikan pengunggahan data secara terus-menerus. Jika kamu tidak mengaktifkannya di masa lalu, mengklik opsi ini memungkinkan kamu untuk mengaktifkannya sekarang. Pastikan indikator ikon titik berada disebelah kiri dan berwarna abu-abu, hal ini menandakan bahwa fitur tersebut telah di nonaktifkan.

Berikut ini cara menghentikan pengumpulan data Facebook di Facebook Lite. Silahkan ikuti  langkah-langkah berikut ini:

Pertama-tama buka aplikasi Facebook Lite. Kemudian klik Menu di sudut kanan atas. Pergi ke menu Settings. Di sini, nonaktifkan opsi beralih yang mengatakan "Contacts Uploading" dan "Call and Text History Uploading" pastikan indikator ikon titik berada disebelah kiri dan berwarna abu-abu.

Selanjutnya cara menonaktifkan pengunggahan kontak berkelanjutan di aplikasi Facebook.

Opsi serupa hadir di aplikasi reguler Facebook. Buka Pengaturan > Pengaturan Aplikasi. Ada mematikan tombol toggle yang mengatakan "Continous Contact Upload."

Sejauh catatan panggilan dan riwayat SMS yang bersangkutan, Facebook mengklaim bahwa data tersebut akan dihapus secara otomatis setelah kamu menonaktifkan fitur unggahan berkelanjutan.

Jumlah cara yang digunakan Facebook untuk mengikis data penggunanya sudah cukup untuk membuat seseorang terganggu dengan privasinya. Pengguna yang khawatir akan lebih nyaman jika ada satu pengaturan untuk mematikan pengumpulan data. Tetapi pengaturan tersebut tidak ada. Dan siapa tahu, jika mereka masih memiliki banyak pekerjaan lain yang berjalan, bahkan jika kamu menonaktifkan hampir setiap pengaturan yang terlihat oleh mata kamu.

Apa pandangan kamu tentang sikap Facebook yang telah menyimpan Log Panggilan dan Riwayat SMS kamu? silahkan tulis di komentar yang tersedia dibawah postingan ini.


Subscribe to receive free email updates: