Hanya 11 Jam, Polisi Tebak 6 Digit Kunci iPhone



Baca Juga

Hampir satu bulan telah berlalu sejak perusahaan keamanan Malwarebytes membocorkan gambar-gambar yang disebut perangkat keras unlocking iPhone GrayKey Box. Suatu perangkat keras yang dapat membantu pekerjaan badan-badan keamanan.

Perusahaan bernama GrayShift mengembangkan kotak hitam. Perangkat ini hadir dalam varian harga $ 15.000 dan $ 30.000 dengan yang sebelumnya diberi geofenced dan memiliki jumlah unlocking 300.

Sebelumnya, diketahui bahwa kotak GrayKey akan memakan waktu sekitar 4 jam untuk memecahkan kode sandi iPhone 4 digit dan sekitar 3 hari untuk kode sandi 6 digit. Sepertinya itu mungkin memiliki kemampuan yang lebih baik. sungguh suatu kabar yang dapat membuat kita khawatir dengan keaman iPhone yang kita miliki.

Selama bertahun-tahun, Apple telah menerapkan banyak tindakan untuk menjaga keamanan perangkat iOS miliknya. Termasuk enkripsi disk, passcode 6 digit wajib, chip Enklave Aman, dan penghapusan data setelah 10 upaya kode sandi gagal. Dan juga waktu menunggu yang terus meningkat setelah setiap upaya kode sandi gagal. Ini dapat membuat kamu keluar dari perangkat selama 48 tahun atau mungkin lebih lama.

Tapi semua itu mungkin gagal di depan GrayKey atau metode crack iPhone lainnya. Jika GrayKey berfungsi seperti yang diiklankan, itu mungkin melewati langkah-langkah keamanan Apple untuk melanjutkan dengan permainan menebak kode sandi.

Mathew Green, asisten profesor dan cryptographer di John Hopkins Information Security Institute, mengolah angka-angka untuk memberi gambaran kekuatan kode sandi di depan metode peretasan iPhone.


Jika perangkat peretasan iPhone seperti GrayKay dapat menebak passcode secepat perkiraan Apple dalam panduan keamanan iOS-nya, kode 6-digit dapat di-crack dalam rata-rata 11 jam. Meskipun tidak secepat itu, GrayKey dapat melakukannya dalam beberapa hari.

Di sisi yang lebih aman, orang bisa menggunakan 10 digit karena akan membutuhkan lebih dari 12 tahun untuk menebaknya. Hal ini akan berbahaya untuk iPhone yang menggunakan PIN 4 digit, rata-rata waktu tebak hanya 6,5 ​​menit. Kode sandi empat digit sekarang sudah tidak berlaku lagi.

Mengingat meningkatnya adopsi perangkat, hal itu bisa membuat beberapa orang tidak nyaman karena kode sandi 6 digit mereka bukanlah perlindungan terbaik di luar sana. Tapi GrayKey hanya menjualnya kepada polisi, bukan untuk dijual secara umum kepada orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Pakar keamanan menyarankan bahwa orang harus menggunakan kode sandi alfanumerik (setidaknya 7 digit). Lengkap dengan huruf besar, huruf kecil, dan simbol khusus, kata sandi semacam itu dapat mempertahankan serangan kamus. Panjangnya bisa lebih dari enam karakter dan juga lebih sulit ditebak dari pada hanya angka. Meskipun, beberapa orang mungkin mengalami kesulitan mengingatnya selama hari-hari awal.

Bagaimana cara mengaktifkan kode sandi alfanumerik di iPhone ?

 
Buka Pengaturan > Sentuh ID & Kode Sandi (masukkan Kode Sandi)> Ubah Kode Sandi (masukkan Kode Sandi). Selanjutnya, ketuk opsi Passcode dan pilih Kode Alfanumerik Kustom untuk menetapkan kode sandi baru dengan huruf dan angka.

Pastikan kata sandi tidak seperti Kepoin123. Tidak ada gunanya memilih di tempat pertama karena tujuannya adalah untuk membuatnya seacak mungkin. Asumsi passcode cracking didasarkan pada kode acak desimal. Jika kamu mau, kamu dapat mengaktifkannya menggunakan opsi Kode Numerik Khusus. Buat kode sandi serumit mungkin, gabungkan huruf, angka, huruf besar, huruf kecil, dan juga simbol dan yang paling penting mudah kamu ingat.

Semoga postingan ini bermanfaat bagi kamu.


Subscribe to receive free email updates: