Cara Hemat Data Internet di Android



Baca Juga

Beberapa tahun terakhir ini, penggunaan data internet telah meroket. Aplikasi menjadi lebih lapar data internet dan secara terus-menerus mendorong penggunanya untuk melakukan pembaruan aplikasi. Sebelumnya, situs-situs website kebanyakan berisi teks dan hanya beberapa gambar saja. Sekarang, layanan streaming video telah mendapatkan popularitas yang luas, dan platform media sosial seperti Facebook dan Instagram juga telah mengintegrasikan layanan video sebagai daya tarik utama. Semakin sulit untuk menghemat penggunaan data internet di perangkat Android.

Cara Hemat Data Internet di Android

Pada postingan ini kami telah mengumpulkan beberapa cara paling efektif untuk menghemat data internet di perangkat Android.


1. Batasi  Penggunaan Data Internet di Pengaturan Android

Menetapkan batas untuk penggunaan data bulanan kamu adalah hal termudah yang dapat kamu lakukan untuk menghindari penggunaan jumlah data yang melampaui tanpa sepengetahuan kamu. Kamu dapat membatasi penggunaan data internet kamu di Android melalui aplikasi Pengaturan. Buka Pengaturan dan ketuk pada Penggunaan Data > Batas Penggunaan > Batas Data Bulanan. Di sana kamu dapat mengatur jumlah maksimum data yang ingin kamu gunakan dalam sebulan. Selain itu, kamu juga dapat memilih pemutusan otomatis dari jaringan setelah batas data tercapai. Tahap-tahap yang saya jelaskan diatas mungkin saja akan berbeda dikarenakan poisi menu pengaturan pada ponsel berbeda-beda. 

2. Batasi Data Internet di Latar Belakang Aplikasi 

Beberapa aplikasi tetap mengonsumsi data seluler bahkan saat ponsel tidak digunakan. Data latar belakang memungkinkan kamu untuk menjaga aplikasi kamu dimonitor dan diperbarui saat multitasking atau ketika layar mati. Tetapi setiap aplikasi tidak perlu menggunakan data latar belakang setiap saat.

Buka Pengaturan > Penggunaan Data dan kamu dapat melihat statistik untuk aplikasi mana yang menghabiskan banyak data.

Ketuk aplikasi, dan kamu dapat melihat penggunaan data latar depan dan latar belakang dari aplikasi tersebut. Penggunaan data latar depan adalah data yang dikonsumsi oleh aplikasi saat digunakan secara aktif oleh kamu saat terbuka. Data latar belakang adalah data yang dikonsumsi ketika kamu tidak menggunakan aplikasi, dan aplikasi berjalan di latar belakang. Tidak memerlukan tindakan dan terjadi secara otomatis. Ini dapat mencakup hal-hal seperti pembaruan aplikasi otomatis atau sinkronisasi.

Jika kamu menemukan bahwa data latar belakang terlalu tinggi untuk aplikasi dan kamu tidak perlu aplikasi untuk tetap berada di latar belakang setiap saat, ketuk " Batasi data latar belakang aplikasi ." hal ini memastikan bahwa aplikasi akan menggunakan data saat dibuka dan dengan demikian akan menggunakan lebih sedikit data. 

3. Gunakan Kompresi Data di Chrome 

Google Chrome adalah salah satu peramban Android paling populer yang memiliki fitur inbuilt yang dapat secara signifikan mengurangi konsumsi data di Android.

Ketika kompresi data diaktifkan, semua lalu lintas kamu dilewatkan melalui proxy yang dijalankan oleh Google. Data kamu dikompresi dan dioptimalkan sebelum dikirim ke ponsel kamu. Hal ini menghasilkan konsumsi data yang lebih rendah dan juga mempercepat pemuatan halaman tanpa perubahan signifikan dalam konten web.

Untuk menggunakan kompresi data, buka Chrome, ketuk pada menu 3-titik di sudut kanan atas, ketuk Pengaturan dan gulir ke bawah ke Penghemat Data. Di sana kamu dapat mengetuk sudut kanan atas untuk mengaktifkan Penghemat Data.

Mengubah penghemat data juga mengimplementasikan Sistem Penjelajahan Aman Chrome untuk mendeteksi laman jahat dan melindungi kamu dari malware dan konten berbahaya. Kamu dapat mengunjungi kembali panel pengaturan di Chrome untuk melihat berapa banyak data yang kamu simpan selama suatu periode.

4. Perbarui Aplikasi Hanya Melalui Wi-Fi

Salah satu cara paling efektif untuk mengurangi konsumsi data seluler adalah dengan menonaktifkan pembaruan aplikasi otomatis di Play Store. Pergi ke Play Store dan ketuk Menu > Pengaturan > Perbarui otomatis aplikasi. Pastikan kamu memilih "Perbarui aplikasi secara otomatis hanya melalui Wi-Fi". Atau, kamu dapat memilih "Jangan memperbarui aplikasi secara otomatis", tetapi hal itu tidak disarankan karena kamu harus mengingat dari waktu ke waktu untuk memperbarui aplikasi kamu secara manual.

5. Batasi Penggunaan Layanan Streaming

Streaming musik dan video adalah konten yang paling haus data internet, serta gambar berkualitas tinggi. Cobalah untuk menghindari hal ini ketika kamu menggunakan data seluler. kamu dapat memilih untuk menyimpan musik dan video secara lokal di penyimpanan kamu atau mengunduhnya saat kamu tersambung ke WiFi. Saat melakukan streaming pada data seluler, kamu dapat menurunkan kualitas streaming untuk menurunkan penggunaan data kamu. Youtube menghabiskan banyak data, jadi, pastikan kamu menurunkan resolusi video saat menggunakan data seluler di Android.

6. Selalu Awasi Aplikasi

Penggunaan aplikasi yang haus data dapat sangat memengaruhi konsumsi data kamu saat berada di jaringan seluler. Kamu mungkin tidak menyadari bahwa aplikasi Google Foto mungkin menyinkronkan foto kamu di latar belakang setiap kali kamu mengeklik salah satu. Aplikasi media sosial seperti Facebook dan Instagram menghabiskan banyak data. Cobalah untuk tidak menonton video dan GIF di aplikasi tersebut.

Cobalah untuk menggunakan alternatif untuk beberapa aplikasi yang masih akan melakukan fungsi yang diperlukan sambil mengkonsumsi lebih sedikit data. Misalnya, Facebook Lite adalah alternatif yang sangat ringan untuk aplikasi Facebook. Selain itu, menghemat daya baterai dan penggunaan data. TweetCaster adalah opsi serupa untuk aplikasi Twitter.

7. Cache Google Maps Untuk Penggunaan Offline 

Tahukah kamu bahwa kamu dapat menyimpan peta di aplikasi Google Maps? Menyimpan Google Maps untuk penggunaan offline dapat menghemat waktu dan data kamu. Setelah peta diunduh, kamu bahkan dapat menavigasi ketika ponsel sedang offline hanya dengan menggunakan GPS kamu. Ini terbukti berguna untuk perjalanan sehari-hari dan saat kamu bepergian, karena kamu tidak pernah yakin apakah beberapa tempat akan memiliki jangkauan jaringan. Sebaiknya unduh peta area dan wilayah rumah kamu yang sering kamu datangi.

Jadi, lain kali kamu menggunakan Wi-Fi, buka Google Maps, buka Menu dan pilih "Peta Offline" Di sana kamu dapat menekan "Pilih peta kamu sendiri"  dan perbesar atau perkecil untuk memilih area yang kamu inginkan tersedia offline. Setelah kamu memutuskan area tersebut, tekan "Unduh".

8. Optimalkan Pengaturan Sinkronisasi Akun 

Pengaturan sinkronisasi akun kamu adalah sinkronisasi otomatis secara default. Biarkan sinkronisasi otomatis dinonaktifkan untuk aplikasi yang haus data seperti Facebook dan Google+ yang menggunakan layanan sinkronisasi untuk menyinkronkan file seperti foto dan video, menghabiskan banyak data internet dalam prosesnya.

Google terus-menerus menyinkronkan data kamu saat perubahan dilakukan. Sebagian besar layanan sinkronisasi ini mungkin tidak diperlukan. Layanan sinkronisasi latar belakang ini memengaruhi konsumsi data internet dan masa pakai baterai kamu.

Untuk menyesuaikan pengaturan sinkronisasi kamu pergi ke Pengaturan > Akun . Di sana kamu dapat menyetel pengaturan sinkronisasi untuk berbagai aplikasi. Untuk mengoptimalkan sinkronisasi Google, ketuk di Google dan matikan opsi yang tidak kamu perlukan. Misalnya, saya tidak memerlukan data Google Fit, Google Play Film, dan Google Play Musik untuk disinkronkan. Jadi, saya menghentikannya sambil menjaga layanan lain untuk disinkronkan.

Semoga postingan tentang cara menghemat data internet di perangkat Android ini dapat membantu kamu.


Subscribe to receive free email updates: