Cara Melacak Ponsel Android yang Hilang



Baca Juga

Apakah kamu salah meletakkan atau kehilangan perangkat Android dan sedang mencari solusi? Jangan kehilangan harapan. Dalam panduan ini, saya akan menunjukkan tiga cara mudah yang dapat kamu gunakan untuk menemukan ponsel Android yang hilang. Kamu harus masuk ke akun Google yang ada di perangkat kamu yang hilang atau dicuri agar layanan pelacakan ini berfungsi.


 

Cara Melacak Ponsel Android Menggunakan Google "Temukan Perangkat Saya"


Ponsel Android dilengkapi dengan fitur "Temukan Perangkat Saya" yang dapat digunakan untuk menemukan ponsel Android yang hilang. Fitur ini tersedia di pengaturan telepon, dan kamu tidak perlu menginstal aplikasi pihak ketiga untuk mengakses fitur ini. Jika kamu ingin mencari ponsel cerdas, kamu memerlukan akses ke browser web, dan kamu dapat menentukan lokasi ponsel. Namun, jika layanan ini tidak diaktifkan, maka kamu tidak dapat menggunakannya untuk melacak ponsel yang dicuri.

Aktifkan "Temukan Perangkat Saya" di Pengaturan Android

Meskipun fitur ini tersedia di sebagian besar ponsel Android secara default, kamu dapat mengunduhnya dari Play Store jika kamu tidak menemukannya hilang di Pengaturan. Berikut ini beberapa langkah untuk memastikan "Temukan Perangkat Saya" diaktifkan:
  1. Buka Pengaturan > Keamanan.
  2. Di bawah Administrasi Perangkat, ketuk pada administrator Perangkat.
  3. Pastikan kotak di sebelah "Temukan Perangkat Saya" dicentang.
Kamu juga harus mengaktifkan layanan lokasi dan riwayat lokasi untuk keakuratan lokasi saat melacak perangkat kamu. Untuk mengaktifkannya sebagai berikut:
  1. Kembali ke Pengaturan dan ketuk Lokasi.
  2. Putar ikon titik di sudut kiri atas ke posisi On.
  3. Ketuk Mode. Atur ke Akurasi tinggi.
  4. Kembali ke pengaturan Lokasi dan ketuk Riwayat Lokasi Google.
  5. Alihkan untuk mengaktifkan opsi di sebelah Gunakan Riwayat Lokasi. Juga, alihkan tombol di samping nama perangkat kamu ke posisi Aktif.
Setelah menyelesaikan langkah-langkah ini, kamu dapat menemukan ponsel yang hilang setiap kali memiliki akses ke data seluler atau Wi-Fi.

Temukan Android yang hilang menggunakan browser dan "Temukan Perangkat Saya"

  1. Buka "Android.com/find" dari browser apa pun di perangkat apa pun.
  2. Login menggunakan profil Google kamu.
  3. Jika kamu menjalankan beberapa perangkat Android menggunakan akun Google yang sama, pilih perangkat yang ingin kamu hubungkan.
Setelah memilih perangkat, kamu dapat melakukan tiga tindakan berbeda:
  • Kamu dapat membunyikan perangkat dari jarak jauh. Ini akan terus memutar suara selama 5 menit, bahkan jika perangkat dalam mode senyap.
  • Kamu dapat mengunci perangkat dan menampilkan pesan atau nomor telepon di layar kunci. Opsi ini sangat membantu ketika kamu belum mengatur kunci layar sebelumnya.
  • Kamu juga dapat sepenuhnya menghapus perangkat. Perhatikan bahwa ini juga akan menghapus akun Google kamu dari ponsel dan tidak lagi dapat melacaknya. Jika kamu memiliki data sensitif di ponsel dan tidak ada harapan untuk menemukan ponsel Android kamu yang hilang, ini adalah opsi terbaik untukmu.

 

Bagaimana cara menemukan ponsel Android dengan Google Maps

Google Maps adalah salah satu aplikasi Android penting yang bahkan dapat membantu melacak ponsel yang hilang. Untuk menggunakan fitur ini, perangkat harus dalam kondisi Aktif, memiliki akses ke Wi-Fi atau data seluler, dan layanan lokasi harus Aktif. Kamu dapat membuka browser apa pun dan menemukan ponsel dalam beberapa langkah:
  1. Pergi ke Google Maps dan masuk ke akun Google kamu.
  2. Klik pada ikon menu di sudut kiri atas dan pilih Timeline kamu.
  3. Kamu dapat mengatur tanggal, bulan, dan tahun untuk melihat riwayat lokasi kamu untuk hari ketika kamu kehilangan Android kamu.

Gunakan aplikasi pelacakan ponsel Android untuk menemukan ponsel yang hilang

Ada juga banyak aplikasi di Play Store yang dapat membantu kamu menemukan ponsel yang hilang. Mereka bahkan menyediakan lebih banyak fitur daripada "Temukan Perangkat Saya." Memasang salah satunya adalah tindakan pencegahan yang baik untuk memastikan bahwa kamu tidak pernah kehilangan jejak perangkat.

Berikut tiga aplikasi pelacakan pihak ketiga terbaik untuk Android:

1. Wheres My Droid
Wheres My Droid adalah aplikasi pelacakan gratis untuk Android yang dapat membantu menemukan ponsel kamu yang hilang setiap kali tidak terlihat. Fitur dering darurat yang akan membuat dering telepon dengan keras ketika kamu mengirim pesan ke perangkat. Ada Stealth Mode yang dapat menyembunyikan teks yang masuk. Kamu juga dapat menemukan ponsel melalui GPS di Google Maps dan mencegah akses yang tidak sah dengan mengaktifkan perlindungan kode sandi. Juga, ada SIM Monitor yang dapat memberitahu kamu melalui Email jika SIM atau nomor telepon diganti. Klaim aplikasi menyebabkan kehabisan baterai minimum.

Kamu dapat membuka kunci beberapa fitur lanjutan tambahan dengan memutakhirkan ke versi Pro dari aplikasi. Namun, versi gratis mencakup sebagian besar fungsi penting, dan didukung oleh iklan.

2. Cerberus anti theft
Cerberus menyediakan fitur administrasi jarak jauh yang mengesankan yang dapat membantu  mengembalikan perangkat Android yang dicuri. Kamu dapat mengontrol perangkat dari jarak jauh melalui situs web atau SMS dari telepon lain. Hal ini dapat membantu menemukan ponsel Android, menguncinya dengan kode, memulai alarm keras, atau bahkan mengambil gambar dari pencuri. Aplikasi ini akan mengirim email / pemberitahuan SMS jika kartu SIM diubah. Selain itu, kamu dapat menyembunyikan aplikasi dari layar utama aplikasi sehingga pencuri tidak dapat menonaktifkan atau mencopot pemasangan aplikasi.

Cerberus hanya tersedia untuk satu minggu percobaan gratis, setelah itu, kamu perlu membeli lisensi untuk akun kamu.

3. Prey Anti Theft
Prey adalah alat anti-pencurian yang sangat baik yang dirancang khusus untuk membantu  menemukan ponsel Android yang hilang. Setelah kamu menginstal aplikasi, aplikasi ini diam-diam bekerja saat kamu menggunakan panel online untuk melacak perangkat kamu dan mengaktifkan tindakan dari jarak jauh. Dengan menggunakan geolokasi GPS, kamu dapat menemukan ponsel  di peta dengan akurasi tinggi. Selain itu, kamera depan dan belakang dapat mengambil foto diam dari siapa pun yang memegang perangkat kamu. Selain itu dapat mengunci perangkat, mengatur alarm keamanan, atau menampilkan pesan di layar untuk menghubungi pengguna saat ini. Aplikasi ini sepenuhnya gratis tanpa iklan.

Pengguna Android harus memastikan bahwa mereka memiliki salah satu layanan pelacakan ini aktif di perangkat mereka untuk melacaknya jika ponsel hilang. Selain itu, jangan lupa untuk menjaga cadangan data kamu. 

Semoga postingan ini informatif bagi kamu. Jika kamu memiliki saran atau pertanyaan, silakan komentar di bawah ini.


Subscribe to receive free email updates: