Cara Cepat Menghapus Data Cache Android



Baca Juga

Ukuran file media di perangkat telah meningkat pesat selama bertahun-tahun, dan bahkan telepon dengan memori 64GB atau 128GB sepertinya tidak cukup menyediakan penyimpanan. Membersihkan file sampah dan menghapus data yang berlebihan dapat sangat membantu. Jika kamu bertanya-tanya apa data cache dan cara menghapus data Cache Android, kamu telah datang ke tempat yang tepat. Kami akan membahas sejumlah cara yang dapat dengan mudah menghapus data cache di perangkat Android.

Cara Cepat Menghapus Data Cache Android

Apa itu data cache di Android? Mengapa data cache diperlukan di Android?

Data cache adalah file, gambar, dan file media lain yang disimpan di perangkat oleh aplikasi atau situs web. Data cache adalah khusus aplikasi dan disimpan oleh aplikasi di ruang yang disediakan sehingga setiap kali kamu memuat aplikasi, sudah memiliki informasi yang siap untuk menunjukkannya dengan cepat kepada kamu. Sebagai contoh, tata letak situs web dapat disimpan sebagai data cache sehingga pada saat kamu mengunjungi halaman, akan memuat lebih cepat.
Bisakah saya menghapus data cache di ponsel saya? Apakah OK untuk menghapus cache di Android?

Data cache secara otomatis dihasilkan dan menghapus data cache tidak menghapus informasi sensitif seperti kata sandi yang disimpan atau data game. Memecahkan masalah aplikasi atau masalah perangkat sering kali melibatkan penghapusan data cache.

Kapan harus menghapus data cache Android?

Jika kamu kehabisan memori, jika salah satu aplikasi berperilaku buruk, atau jika kamu berpikir perangkat kamu menjadi lag, lebih baik untuk menyingkirkan data cache.

Cara cepat menghapus data cache android

1. Gunakan Pengaturan Perangkat untuk menghapus semua data cache

Kamu dapat mengelompokkan menghapus semua data cache dengan menggunakan aplikasi Pengaturan di Android.
  • Buka aplikasi Pengaturan dan ketuk Penyimpanan atau Penyimpanan & memori. Di sana kamu dapat menemukan jumlah memori yang dikonsumsi oleh aplikasi dan media lain di perangkat.
  • Ketuk Data cache yang juga menampilkan jumlah data cache di perangkat. 
  • Sebuah pesan akan muncul meminta konfirmasi untuk menghapus data cache. Ketuk OK untuk menghapus semua data cache aplikasi.

2. Hapus data cache per aplikasi

Jika menghapus data aplikasi dari semua aplikasi tampaknya tidak nyaman bagi kamu, kamu dapat memilih untuk menghapus data cache dari aplikasi satu per satu.
  • Buka Pengaturan dan ketuk pada Aplikasi.
  • Pilih aplikasi yang kamu ingin hapus data cache.
  • Pada antarmuka Info Aplikasi, ketuk Penyimpanan
  • Di sana kamu dapat menghapus data cache hanya dengan mengetuk opsi yang disorot Hapus Cache.

3. Gunakan aplikasi pihak ketiga

Pembersih Android berfungsi dengan baik untuk menemukan file yang tidak perlu atau data cache dan membantu menghapusnya. Ada banyak aplikasi pembersih yang tersedia di Play Store. Selain menghapus data cache, aplikasi-aplikasi tersebut dapat membantu menghapus file APK yang tidak digunakan, menghapus sampah iklan, meningkatkan masa pakai baterai, dan banyak fitur lainnya.

4. Bersihkan cache dari Pemulihan

Catatan: Ini merupakan prosedur lanjutan dan kami tidak mengklaim tanggung jawab jika merusak perangkat kamu. Kami menyarankan kamu melanjutkan dengan langkah-langkah yang diberikan jika kamu memiliki pengalaman dalam rooting perangkat atau setelah kamu benar-benar mempelajari prosedur melalui pencarian web untuk perangkat khusus kamu.

Jika perangkat menjadi terlalu lambat atau jika mengalami kelainan apa pun dalam kinerja perangkat kamu, kamu dapat menghapus partisi cache sistem dari bootloader.
  • Matikan perangkat.
  • Metode ini berbeda untuk produsen yang berbeda, dan kamu harus mencarinya di internet sebelum melanjutkan lebih jauh. Muat ke layar bootloader dengan menekan kombinasi kunci. Di beberapa perangkat, kamu harus menekan tombol Power dengan tombol Volume turun secara bersamaan. Di perangkat lain, tombol Power dengan kedua tombol Volume harus ditekan secara bersamaan.
  • Layar sentuh mungkin tidak berfungsi, dan kamu harus bernavigasi menggunakan tombol Volume.
  • Pergi ke Recovery dan pilih dengan ketukan pada tombol Power.
  • Pergi ke Wipe cache partition dan ketuk tombol Power untuk memilihnya.
  • Setelah cache dibersihkan, pilih Reboot system now.
Ini adalah kebiasaan untuk menghapus partisi cache setelah pembaruan OTA atau upgrade firmware.

Semoga cara-cara ini dapat membantu kamu untuk menghapus data Cache Android.


Subscribe to receive free email updates: