Menghubungkan Perangkat Android atau iOS ke Windows 10



Baca Juga

Salah satu fitur Windows 10 yang cukup berguna adalah opsi bagi pengguna untuk Menghubungkan Perangkat Android atau iOS ke Windows 10 mereka dan menggunakan fitur 'Continue on PC'. Hal ini memungkinkan kamu mengirim halaman web dari ponsel ke PC kamu tanpa perlu terhubung ke jaringan yang sama atau menggunakan kabel USB.

Menghubungkan Perangkat Android atau iOS ke Windows 10

Fitur Continue on PC saat ini tersedia untuk pengguna yang menjalankan siste operasi Windows 10 Fall Creators Update. kamu dapat menggunakan langkah-langkah yang disebutkan dalam artikel ini untuk menghubungkan ponsel ke Windows 10 dengan mudah.

Haruskah saya menghubungkan ponsel saya ke Windows 10?

Jawabannya iya. Sepertinya tidak ada salahnya menghubungkan ponsel ke komputer. Dan ketika kita berbicara tentang kelebihannya, ada banyak. Selain membagikan halaman web, kamu juga dapat menerima notifikasi dari aplikasi Android di Windows 10 Action Center kamu.

Ada banyak sekali fitur yang tersedia. kamu dapat membalas SMS langsung dari Windows 10 kamu. Meskipun, saya tidak berpikir ada banyak orang yang akan merasa hal ini sangat berguna. Namun, pengguna dapat memuaskan diri dengan mengetahui bahwa opsi balasan juga berfungsi untuk WhatsApp dan mungkin aplikasi pesan lainnya.

Hubungkan Ponsel Android atau iOS ke Windows 10

Kamu harus memiliki nomor telepon yang aktif jika ingin menghubungkan ponsel kamu ke Windows 10. Dalam artikel ini, saya telah menggunakan perangkat Android, tetapi langkah-langkah untuk iOS hampir mirip. Jika kamu ingin menghubungkan iPhone ke Windows 10. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:
  1. Pada Windows 10 PC kamu, buka menu Settings.
  2. Klik pada opsi Phone.
  3. Sekarang, untuk menghubungkan perangkat Android atau iOS ke Windows 10, kamu dapat mulai dengan mengklik Add a phone. Pastikan PC dan ponsel kamu memiliki koneksi internet yang aktif.
  4. Di jendela baru yang muncul, pilih kode negara kamu dan isi nomor ponsel kamu. Klik Send untuk menerima pesan teks di ponsel kamu.
  5. Unduh aplikasi Android yang bernama Microsoft Apps menggunakan tautan di SMS. hai ini diperlukan ketika kamu ingin menghubungkan ponsel Android ke Windows 10 dan menggunakan fitur Continue on PC. kamu tidak perlu aplikasi itu jika menghubungkan iPhone ke Windows 10.
Pembaruan: Sekarang, SMS berisi tautan untuk menginstal aplikasi Microsoft Launcher. Di iOS, diharuskan menginstal browser Microsoft Edge. Setelah kamu masuk Microsoft Launcher atau Edge, perangkat kamu akan muncul di bagian Telepon Windows 10.

Setelah selesai, kamu dapat menggunakan tombol 'Continue on PC' baru di browser Cortana dan Edge. Untuk berita apa pun yang kamu baca, kamu dapat mengirimkannya ke PC kamu dengan mengetuk tombol itu.

Penautan hanya memerlukan satu kali proses. Namun, jika beberapa masalah terjadi, kamu dapat menghapus aplikasi dan mengikuti langkah-langkahnya lagi.

Bagaimana cara membatalkan tautan ponsel kamu dari Windows 10?

Jika kamu tidak ingin menyinkronkan ponsel kamu dengan Windows 10, kamu dapat membatalkan tautan telepon kapan pun kamu mau. Buka bagian Phone dan klik Manage all devices linked with your Microsoft account. Jendela browser baru akan terbuka di mana kamu akan menemukan ponsel yang terdaftar. Klik Unlink this phone dan selesai.

Kamu juga dapat membatalkan tautan PC jika kamu tidak ingin perangkat kamu mengirimkan tautan ke PC. Tetapi ini akan menghentikan semua perangkat Android dan iOS yang terhubung.

Kamu juga dapat menggunakan fitur ini di aplikasi lain. Misalnya, kunjungi halaman web apa pun di Google Chrome dan buka bagian Bagikan dengan mengetuk tombol Settings. Di sini, kamu akan menemukan opsi Continue on PC yang bekerja dengan cara yang sama seperti yang disebutkan sebelumnya.

Kamu juga dapat mengirim gambar dari telepon kamu. Namun, itu membutuhkan langkah tambahan. Di aplikasi Google Foto, ketuk Share > Continue on PC. Sekarang, selanjutnya kamu akan diminta untuk membuat tautan ke file yang akan dibagikan. Jadi, kamu hanya perlu memilih opsi pertama jika kamu ingin mengirim hanya satu gambar.

Demikian pula, kamu dapat membuka tautan yang disimpan di Google Keep langsung di PC Windows 10. Opsi Continue on PC tersedia di hampir semua tempat. Tetapi itu hanya akan berfungsi jika ada tautan web yang dapat dibagikan.

Sayangnya, pengguna iOS tidak memiliki fasilitas ini karena aplikasi Cortana tidak tersedia untuk platform mereka.

Selain menghubungkan ponsel kamu ke Windows 10 melalui internet, ada cara lain untuk mentransfer data antar perangkat. Microsoft telah merilis aplikasi baru bernama Phone Companion yang dapat digunakan untuk mentransfer foto dan video dari perangkat Android atau iOS kamu ke Windows 10 melalui WiFi.

Jika kamu ingin menghubungkan ponsel ke Windows 10 PC melalui kabel USB, Microsoft sudah memiliki aplikasi untuk itu. Dikenal sebagai Microsoft Phone Companion, aplikasi ini memungkinkan kamu untuk menyinkronkan Android, iOS, atau Windows Phone dengan PC. Aplikasi ini tersedia di Microsoft Store untuk Windows 8.1 ke atas.

Bagaimana cara menggunakan Microsoft Phone Companion?

Kamu cukup mengunduh aplikasi dari Store. Selanjutnya, hubungkan Android, iOS, atau Windows Phone kamu dan jalankan aplikasinya. Ini akan secara otomatis mendeteksi perangkat (asalkan driver diinstal) dan menunjukkan rincian yang relevan seperti status pengisian, penyimpanan, dan lain-lain.

Jadi, inilah artikel tentang Menghubungkan Perangkat Android atau iOS ke Windows 10. semoga artikel ini dapat membantu kamu menautkan perangkat Android atau iOS ke PC Windows 10.

Jika ada pertanyaan, kritik, dan saran silahkan tulis di kolom komentar yang tersedia dibawah artikel ini.



Subscribe to receive free email updates: