Menjalankan YouTube Di Latar Belakang Ponsel Android dan iOS



Baca Juga

Salah satu hal yang dikeluhkan para pengguna aplikasi youtube (termaksud saya) adalah youtube tidak dapat dijalankan  di latar belakang ponsel baik itu android ataupun ios. oleh sebab itu dalam postingan kali ini saya akan membahas secara lengkap bagaimana cara menjalankan youtube di latar belakang ponsel android dan ios.

Menjalankan YouTube Di Latar Belakang Ponsel Android dan iOS
Tidak masalah perangkat apa yang digunakan orang, YouTube telah menjadi layanan streaming default untuk sebagian besar dari mereka. Dan itu tidak melibatkan biaya apa pun, kecuali, salah satu memutuskan untuk menggunakan langganan YouTube Red.

Terlepas dari semua fitur dan video bagus yang ditawarkan oleh YouTube, ada satu hal yang menjadi keluhan para pengguna: kemampuan untuk memutar video di latar belakang. Ini dapat membantu ketika orang hanya ingin mendengarkan musik saja dan melakukan hal-hal lain. Sementara banyak aplikasi streaming musik yang dapat diunduh di Google Play dan App Store, YouTube masih disukai oleh banyak orang untuk kebutuhan musik mereka.

Salah satu cara terbaik untuk menjalankan YouTube di latar belakang adalah dengan mendapatkan YouTube Red yang menambahkan kemampuan yang dibutuhkan (melalui aplikasi YouTube Music) dan juga menghapus iklan yang mengganggu. Tetapi langganan tidak tersedia di semua wilayah.

Tahun lalu, Google memperkenalkan mode PiP untuk YouTube dan aplikasi lain. Untuk perangkat dengan layar lebih besar dapat sedikit membantu. Tetapi kemudian fitur ini terbatas pada Android Oreo yang berjalan pada sejumlah smartphone lain.

Jalan keluar lain dari hal ini adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat mengaktifkan mode gambar-dalam-gambar mereka sendiri. Musik gratis untuk YouTube: Stream adalah salah satu aplikasi untuk Android. Namun pengguna selalu mendambakan solusi yang bekerja tanpa menginstal aplikasi apa pun. Tampaknya, melakukan hal yang sama mungkin mempunyai batas tertentu.

Bagaimana cara menjalankan YouTube di latar belakang di Android dan iOS?

Kamu dapat memanfaatkan solusi untuk memutar video YouTube di latar belakang jika kamu menggunakan Google Chrome. Mungkin tidak semudah Youtube Red, tetapi trik ini melakukannya dengan memanfaatkan fitur mode desktop Chrome.

Untuk Chrome, ikuti langkah-langkah di bawah:
Buka YouTube.com di Google Chrome pada perangkat Android atau iOS kamu.
  1. Ketuk tombol tiga titik di sudut kanan atas untuk membuka menu luapan.
  2. Ketuk Situs desktop dan YouTube akan memuat ulang untuk membuka versi PC-nya.
  3. Sekarang, mainkan video yang kamu suka dan tekan tombol Menu atau Home untuk meletakkan aplikasi di latar belakang. 
  4. Seperti yang diharapkan, video akan berhenti diputar. Kamu dapat menarik bayangan Pemberitahuan dan mengetuk Tombol Putar di Notifikasi Chrome untuk melanjutkan audio. Untuk iOS, kamu menarik Pusat Kontrol untuk mengakses kontrol pemutaran.
Seperti yang diharapkan, video akan berhenti diputar. kamu dapat menarik bayangan Pemberitahuan dan mengetuk tombol putar di notifikasi Chrome untuk melanjutkan audio. Untuk iOS, kamu menarik Pusat Kontrol untuk mengakses kontrol pemutaran.
Sekarang, kamu dapat melakukan apa pun yang kamu inginkan; video YouTube akan tetap diputar di latar belakang. Namun perlu diingat, jika kamu kembali ke Google Chrome dan meminimalkan aplikasi, video akan dijeda, dan kamu harus melanjutkannya lagi dari bayangan Pemberitahuan. Selain itu, audio tidak terus diputar jika kamu meminimalkan Chrome saat menjalankan versi seluler YouTube.

Triknya akan berfungsi bahkan jika layar ponsel Android kamu mati. Itu berarti kamu dapat menggunakan YouTube sebagai pemutar musik biasa juga.

Triknya bukan hanya di Chrome, kamu juga dapat menggunakan browser lain untuk menjalankan YouTube di latar belakang, asalkan memiliki opsi mode desktop yang tersedia. Namun, kontrol pemutaran pada bayangan Pemberitahuan dan layar kunci mungkin akan berbeda dengan chrome.

Jika ada yang kurang dipahami dalam postingan ini, silahkan tulis pertanyaan kamu di kolom komentar dibawah postingan ini.


Subscribe to receive free email updates: