Memperbaiki Blue Screen Of Death Di Windows 10



Baca Juga

Masalah layar biru atau sering disebut Blue Screen pada Windows 10 tidak mengejutkan lagi. Blue Screen of Death, juga dikenal sebagai STOP Error, sebenarnya adalah masalah paling terkenal di antara masalah-masalah lainnya.

Memperbaiki Blue Screen Of Death Di Windows 10

Kamu mungkin pernah membaca tentang bermain BSOD pranks di tempat umum di mana layar biru muncul.

Sekarang, bagaimana jika kamu sedang mengalami BSOD di komputer kamu? Bagaimana cara memperbaiki Blue Screen of Death? Ada beberapa cara untuk memperbaiki Blue Screen of Death di Windows 10 yang menghantui orang setiap saat.

Hal pertama yang harus dilakukan - Perbaiki Blue Screen


Nonaktifkan automatic restart

Dalam banyak kasus, Windows 10 dikonfigurasi secara default untuk memulai kembali secara otomatis ketika STOP Error terjadi. Dalam situasi itu, kamu tidak memiliki cukup waktu untuk mencatat kode kesalahan yang terkait dengan BSOD. Jadi, untuk memulai proses kamu memperbaiki Blue Screen di Windows 10, Kamu perlu menahan STOP Error untuk beberapa waktu. Berikut cara melakukannya:
  1. Klik kanan This PC.
  2. Pergi ke Properties.
  3. Di sisi kiri, klik Advanced System Settings.
  4. Di bawah Startup and Recover, klik Settings.
  5. Sekarang, di bawah System Failure, batalkan centang pada kotak centang yang menyatakan Automatically restart.
  6. Klik Ok untuk menyimpan dan melanjutkan.

Periksa Virus

Salah satu penyebab BSOD yang ditampilkan pada PC Windows 10 adalah data lengkap. Selain skenario biasa, data di komputer mungkin rusak karena beberapa malware.

Jadi, jika kamu mengalami layar biru di Windows 10 lebih dari apa yang dapat kamu sebut biasa, kamu harus menggunakan beberapa perangkat lunak antivirus untuk melakukan pemindaian penuh pada sistem. Windows Defender, antivirus default di Windows 10 juga bisa menjadi opsi yang bagus untuk memindai sistem dan memperbaiki Blue Screen.

Selanjutnya, muncul Windows Update

Kamu harus memastikan bahwa PC secara teratur diperbarui dengan patch keamanan terbaru dan pembaruan lainnya. Ini merupakan salah satu hal penting untuk memperbaiki masalah Blue Screen atau bahkan mencegahnya muncul. Pengguna yang menjalankan Windows 10 tidak perlu melakukan banyak pembaruan karena akan menginstal secara otomatis dan hanya ada sedikit yang dapat di lakukan untuk menghentikannya .

Perbarui driver perangkat keras dan firmware

Driver yang salah pada PC dapat menyebabkan Blue Screen Of Death muncul di layar komputer. Jadi, memperbarui atau memperbaiki mereka juga akan membantu kamu menyingkirkan masalah BSOD.

Driver Windows universal mengurus sebagian besar perangkat keras saat ini. Tapi tetap saja, itu tidak semua inklusif. Untuk driver yang tidak dapat diperbarui secara otomatis, kamu harus melakukannya secara manual dengan mengunduhnya dari situs web pabrikan.

Juga, kamu harus menyimpan firmware komputer, yaitu, BIOS atau UEFI ke versi terbaru. Jangan lupa untuk memeriksa apakah komponen perangkat keras pada sistem menghadapi peningkatan tingkat panas. Kamu dapat menggunakan beberapa perangkat lunak seperti Speccy Piriform.

Suhu yang lebih tinggi mungkin karena debu menyumbat kipas. Untuk mencegah ini, kamu harus membersihkan mesin secara teratur. Selain itu, kamu harus menghapus perangkat keras non-esensial eksternal seperti drive penyimpanan USB, printer, gamepads. Untuk melihat apakah mereka menyebabkan BSOD.

Cara Memperbaiki Blue Screen of Death di Windows 10

Boot ke Safe Mode

Selama bertahun-tahun, pengguna Windows telah menggunakan Safe Mode untuk menemukan penyebab berbagai masalah yang ada di komputer. Dan tidak terkecuali Blue Screen Of Death. Kamu dapat memperbaiki masalah Blue Screen di Windows 10 atau versi yang lebih lama menggunakan Safe Mode.

Ketika kamu boot ke Safe Mode di Windows, hanya layanan Windows yang penting, dan driver yang dimuat. Bagaimana cara menggunakan mode aman di Windows?

Sebelumnya, dalam kasus Windows XP dan 7, kamu bisa menggunakan utilitas msconfig untuk boot ke safe mode atau tekan tombol F8 ketika kamu menghidupkan mesin. Windows 10 telah menambahkan opsi lain yang lebih nyaman untuk mengakses Safe Mode.
  • Buka Settings > Update & Recovery > Recovery.
  • Di bawah Advanced Startup, klik Restart Now. Tunggu layar opsi Pengaktifan Lanjutan muncul.
  • Klik Troubleshoot.
  • Di layar berikutnya, klik Startup Settings. Klik Restart untuk boot ke Safe Mode.

 

Gunakan system restore

Dengan menyertakan System Restore di Windows, Microsoft telah memberikan cara untuk membatalkan kesalahan yang kamu lakukan. Hal ini dapat membantu jika Blue Screen Of Death terjadi karena beberapa perangkat lunak atau driver yang baru saja kamu pasang.
Kamu dapat menemukan berbagai pengaturan yang terkait dengan Windows 10 System Restore di Control Panel > Restore. Untuk mengembalikan Windows ke titik waktu sebelumnya, klik Open System Restore dan ikuti langkah-langkahnya. Untuk menambahkan titik pemulihan, klik Configure System Restore > Create. Kemungkinan besar bahwa Blue Screen akan diperbaiki jika penyebabnya karena beberapa perubahan baru-baru ini di komputer.

Windows 10 blue screen Troubleshooter untuk memperbaiki Blue Screen

Jika kamu menjalankan Creators Update atau yang lebih baru, Microsoft telah membuat kamu tertutup jika ada kasus Windows 10 BSOD. Kamu dapat memperbaiki Blue Screen Of Death menggunakan pemecah masalah internal. Buka Settings > Update and security > Troubleshoot.

Di bawah judul Cari dan perbaiki masalah lainnya, kamu dapat melihat pemecah masalah Windows 10 Blue Screen.

Hapus pembaruan Windows yang salah

Hal ini terjadi karena Pembaruan Windows terhenti disaat instalasi. Dan insiden semacam itu dapat menyebabkan Blue Screen muncul. Cara termudah untuk memperbaiki Blue Screen Windows 10 adalah mencopot pemasangan pembaruan yang salah. Sama halnya dengan beberapa aplikasi yang mungkin memiliki file penting yang korup di PC Windows.

Kamu dapat menghapus Pemutakhiran Windows dengan mengunjungi Settings > Update & Recovery > Windows Update > Update history > Unistall updates.

Reset Windows 10

Jelas, pilihan terakhir untuk memperbaiki Blue Screen Of Death dari sistem adalah melakukan instalasi ulang Windows . Untuk pengguna yang menjalankan Windows 10 atau 8.1, ada opsi bawaan untuk melakukan Reset yang tidak mengharuskan kamu memiliki media instalasi khusus. Untuk Windows 7, kamu harus menginstal ulang sistem operasi menggunakan USB bootable atau disk optik.

Jika masalah yang kamu alami tidak terkait dengan perangkat keras, maka kamu seharusnya dapat memperbaiki kesalahan Windows 10 BSOD menggunakan metode dan tips yang disebutkan di atas. Jika tidak, kamu harus pergi ke toko komputer untuk memperbaiki perangkat keras penyebab Blue Screen Of Death.


Subscribe to receive free email updates: