Tips Meningkatkan Daya Tahan baterai Android



Baca Juga

Ponsel Android adalah objek yang kamu gunakan untuk menghabiskan sebagian besar waktu kamu. Ia tahu tentang kamu lebih dari orang lain, sumber informasi tanpa batas yang kamu goyang setiap hari, dan dengan munculnya aplikasi seperti Voice Assistants, itu telah menjadi teman kamu. Android telah menjadi semakin kuat selama bertahun-tahun dan telah mencapai kemampuan pemrosesan yang setara dengan PC desktop beberapa tahun yang lalu.

Tips Meningkatkan Daya Tahan baterai Android

Tetapi satu-satunya yang menahannya adalah daya tahan baterai. Jadi, orang sering bertanya "Bagaimana saya dapat memperpanjang masa pakai baterai?", "tips dan trik terbaik untuk meningkatkan masa pakai baterai" atau "Bagaimana cara membuat baterai Android bertahan lebih lama?". Mengingat faktor bentuk dan pembatasan beratnya, semakin sulit untuk memeras lebih banyak daya ke baterai dengan teknologi saat ini. Jadi solusi untuk meningkatkan kinerja baterai Android adalah melalui manipulasi di sisi perangkat lunak.

Tips Meningkatkan Daya Tahan Baterai Android

1. Minimalkan getaran dan umpan balik haptik

Setiap ponsel memiliki motor kecil yang disebut 'Sebuah motor getaran berputar yang berputar (ERM)' yang memiliki beban tidak seimbang yang melekat padanya. Rotasi beban ini menghasilkan getaran. Masuk ke Pengaturan > Suara. Kamu dapat menonaktifkan getar saat disentuh dan opsi lain jika tidak diperlukan. Aplikasi papan ketik khusus juga menyediakan pengaturan tambahan untuk mematikan getaran saat mengetik.

2. Tampilkan trik pengoptimalan

Selain prosesor, layar menghabiskan sebagian besar daya baterai. Buka Pengaturan > Tampilan. Di sana kamu dapat menonaktifkan Kecerahan Otomatis karena terus menerus menguras baterai dengan memantau kecerahan cahaya. Pada kenyataannya, hal ini dapat membantu kamu meningkatkan masa pakai baterai.

Atur opsi Tidur ke satu menit. Ini mengurangi waktu layar tetap ON setelah kamu berhenti menggunakannya dan dengan demikian menghemat baterai. Gunakan wallpaper gelap, dan tema gelap atau mode malam jika memungkinkan. Banyak aplikasi juga memiliki opsi mode malam di dalamnya. Selain meningkatkan kinerja baterai, juga mengurangi ketegangan pada mata.

Jika kamu dapat melihat opsi 'Proximity Wake', kamu dapat menonaktifkannya juga untuk meningkatkan masa pakai baterai Android.

3. Matikan animasi

Animasi adalah faktor lain yang memengaruhi masa pakai baterai. Untuk memanipulasi animasi, kamu perlu mengakses 'Opsi Pengembang' di Pengaturan. Masuk ke Pengaturan aplikasi di ponsel Android. Jika tidak menemukan Pengaturan Pengembang, buka Pengaturan > Tentang ponsel dan ketuk 'Nomor Bentukan' beberapa kali. Kembali ke Pengaturan, dan kamu akan menemukan 'Pengaturan Pengembang.' Ketuk dan di sana kamu akan menemukan tiga opsi yaitu 'Window animation scale', 'Transition animation scale,' dan 'Animator duration scale' Matikan semua, dan kamu akan melihat perubahan besar dalam kinerja dan masa pakai baterai yang lebih baik.

4. Nonaktifkan layanan nirkabel saat tidak digunakan

Matikan WiFi dan Bluetooth saat tidak menggunakannya. Saat WiFi aktif, ponsel terus mencari jaringan baru pada interval waktu reguler. Demikian pula dengan Bluetooth yang terus-menerus menguras baterai.

Android cepat mencapai usia baterai karena masuk dan keluar dari siklus tidur yang terlalu cepat. Tetapi GPS mencegahnya untuk tidur. Jadi aktifkan GPS hanya jika diperlukan dan dinonaktifkan saat tidak digunakan.

Ketika kamu bepergian dalam perjalanan jauh, ponsel kamu akan terus mengubah stasiun pangkalan dari mana ia menerima sinyal, sehingga menguras baterai lebih cepat. Jadi gunakan dalam mode pesawat jika kamu tidak mengharapkan panggilan dan ingin mendengarkan musik selama berjam-jam.

5. Nonaktifkan sinkronisasi otomatis dan data latar belakang

Berbagai proses sinkronisasi berjalan di latar belakang dan karenanya mengkonsumsi baterai. Buka Pengaturan > Akun . Lihat layanan sinkronisasi di akun dan matikan yang tidak perlu.

Banyak aplikasi tetap mengonsumsi data seluler saat berjalan di latar belakang yang pada gilirannya merusak masa pakai baterai. Buka Pengaturan > Penggunaan Data, klik aplikasi yang tidak diperlukan untuk berjalan di latar belakang dan klik pada 'Batasi data latar belakang aplikasi' untuk membatasi penggunaan data latar belakang saat tidak digunakan.

6. Tutup aplikasi terbaru dan gunakan lebih sedikit widget

Tutup aplikasi segera setelah kamu selesai jika tidak akan terus berjalan di latar belakang. Hanya menekan tombol kembali mungkin tidak menutup aplikasi. Selalu bersihkan panel 'baru-baru ini'.

Widget yang ditampilkan di layar terus diperbarui untuk menampilkan konten baru. Hal ini mencegah aplikasi tertentu tertidur. Jadi, untuk meningkatkan daya tahan baterai Android, jaga widget  minimal.

7. Trik pengoptimalan Aplikasi Google

Google Asisten adalah layanan yang luar biasa, tetapi fitur pengenal suaranya dapat terus mendengarkan pendeteksian kata kunci 'OK Google' dan karenanya menguras baterai pada tingkat yang mengkhawatirkan. Jika kamu bukan pengguna Asisten Google, menonaktifkannya adalah pilihan yang bijaksana. Pergi ke Google app, klik Pengaturan > Suara > "OK Google" deteksi dan dari sana kamu dapat menonaktifkan fitur pengenalan suara untuk meningkatkan daya tahan baterai Android.

8. Kelola aplikasi

Hanya simpan aplikasi di ponsel yang sering kamu butuhkan. Menjaga terlalu banyak aplikasi dapat memperlambat ponsel dan mengurangi masa pakai baterai. Kamu dapat melihat berapa banyak baterai yang digunakan aplikasi dengan pergi ke Pengaturan > Baterai. Copot aplikasi yang menggunakan lebih banyak baterai. Sebagai gantinya, cobalah menggunakan versi lite dari aplikasi itu atau gunakan aplikasi alternatif. Dalam menu Battery, ketuk di sudut kanan atas jendela dan pilih Battery Optimization. Aplikasi "Tidak Dioptimalkan" akan berjalan di latar belakang pada jadwalnya sendiri. Aplikasi yang tidak perlu dijalankan setiap saat harus dioptimalkan untuk masa pakai baterai yang lebih baik.

Fitur pembaruan otomatis di Play Store secara terus-menerus memantau pembaruan aplikasi, dan jika kamu memiliki terlalu banyak aplikasi di ponsel, pembaruan yang sering dapat memengaruhi masa pakai baterai kamu. Pergi ke Play Store > Pengaturan > Perbarui otomatis aplikasi dan dari sana kamu dapat menonaktifkan pembaruan atau mengaktifkannya hanya melalui WiFi. Kamu juga dapat mengubah notifikasi yang menguras daya baterai.

9. Matikan notifikasi untuk aplikasi

Berapa kali kamu terganggu oleh pemberitahuan yang tidak diinginkan yang muncul di tengah-tengah sesuatu? Mereka tidak hanya mengganggu tetapi juga mengkonsumsi daya prosesor. Pergi ke Pengaturan > Pemberitahuan dan di sana kamu dapat melihat pengaturan khusus aplikasi untuk pemberitahuan. Matikan pemberitahuan untuk aplikasi dengan mengkliknya dan pilih 'Blokir Semua'. Hal ini akan menghentikan prosesor untuk memeriksanya dari waktu ke waktu, sehingga membuat baterai ponsel lebih lama.

Gunakan tips-tips ini untuk membuat baterai Android bertahan lebih lama dan untuk menghindari membawa powerbank sepanjang waktu. Kami berharap cara untuk meningkatkan masa pakai baterai Android ini berguna bagi kamu.


Subscribe to receive free email updates: