5 Jenis Aplikasi Yang Perlu Anda Hapus Hari Ini

Smartphone dengan cepat menjadi konsumsi oleh aplikasi yang tidak perlu yang tidak hanya menghabiskan ruang penyimpanan, tetapi juga dapat memengaruhi kinerja dan masa pakai baterai ponsel Anda. Yah, cukup sudah - saatnya untuk membersihkan ponsel cerdas Anda. Berikut adalah lima aplikasi yang harus Anda hapus segera.

5 Jenis Aplikasi Yang Perlu Anda Hapus Hari Ini

Baik dengan mematikan masa pakai baterai Anda, menggunakan terlalu banyak data seluler atau mendorong iklan di wajah Anda: aplikasi dapat mengganggu dalam banyak hal. Terkadang kita berakhir dengan terlalu banyak aplikasi di ponsel kita, dan waktunya tiba untuk membereskan. Hapus aplikasi ini hari ini dan nikmati smartphone Anda lebih lanjut.

1. Aplikasi yang mengklaim dapat menghemat RAM

Aplikasi yang berjalan di latar belakang memakan RAM Anda dan menggunakan masa pakai baterai, meskipun sedang dalam keadaan siaga. Gagasan di balik aplikasi yang mengklaim dapat meningkatkan memori Anda adalah untuk menutup aplikasi latar belakang ini secara sistematis. Sayangnya, ini memperburuk masalah.

Aplikasi yang mengklaim dapat menghemat RAM

Aplikasi yang berjalan di latar belakang harus memulai ulang setelah Anda menutupnya. Memori dan masa pakai baterai digunakan untuk me-restart aplikasi, dan aplikasi yang terus-menerus menutup dan memulai kembali ini dapat membuat ponsel Anda tidak stabil. Jadi, aplikasi penghemat memori ini tidak masuk akal. Selain itu, Android mengelola penggunaan RAM secara otomatis dan tahu kapan menjalankan aplikasi atau tidak, jadi aplikasi pihak ketiga tidak diperlukan.

2. Clean Master (atau aplikasi pembersih apa pun)

Aplikasi pembersih berjanji untuk membersihkan ponsel Anda untuk meningkatkan kinerja. Walaupun benar bahwa aplikasi yang dihapus terkadang meninggalkan beberapa data yang di-cache, tidak perlu mengunduh pembersih khusus. Cukup buka Pengaturan > Penyimpanan > dan ketuk Data cache. Pada prompt Hapus data yang di-cache, tekan OK.

Atau, Anda dapat menghapus cache masing-masing aplikasi dengan masuk ke Pengaturan > Aplikasi > Yang diunduh dan mengetuk aplikasi. Di halaman berikutnya, ketuk Hapus Cache.

Clean Master dan aplikasi serupa sering membutuhkan banyak daya baterai, dan iklan dalam aplikasi mereka berpotensi menghilangkan sebagian dari penyisihan data bulanan Anda. Hapus aplikasi semacam itu sesegera mungkin.


Pembersih ponsel

3. Facebook

Facebook dalam kesulitan. Setelah skandal Cambridge Analytica, perusahaan Mark Zuckerberg mungkin mengalami krisis nyata pertamanya. Ini menambah masalah lain yang dihadapi oleh jejaring sosial dalam beberapa tahun terakhir. Sepertinya waktunya tepat untuk menghapus aplikasi dari ponsel cerdas Anda.

Menghapus instalan Facebook akan mempercepat ponsel cerdas Anda, dan meningkatkan kinerja perangkat Anda betapa pun kuatnya, tetapi ini bukan rahasia. Aplikasi Facebook untuk Android telah menjadi mengerikan dalam beberapa tahun terakhir: konsumsi memori tinggi, tetap aktif di latar belakang, meminta izin, dan yang terburuk dari semuanya, mengkonsumsi data ponsel seperti kelaparan.

Jika Anda benar-benar ingin terus menggunakan Facebook, Anda dapat menggunakan situs seluler dan menambahkan pintasan di layar beranda. Jadi, ketika Anda menutup tab web Facebook, situs tidak akan lagi menggunakan sumber daya ponsel Anda (baterai, paket data, dll.).


shutterstock 558278971 Facebook

4. Sulit untuk menghapus aplikasi pabrikan

Banyak smartphone memiliki banyak aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya. Baik itu aplikasi untuk pemesanan hotel, game, atau aplikasi kantor yang dipertanyakan secara fungsional: banyak produsen memasang aplikasi mereka yang tidak berguna bersama dengan set aplikasi wajib dari Google. Idealnya, ini hanya ruang penyimpanan yang terbuang, tetapi dalam kasus terburuk, mereka menghabiskan masa pakai baterai, menyaring real estat dan bahkan tidak dapat dihapus.

Karenanya bermanfaat untuk melihat daftar aplikasi Anda dan menghapus aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya. Cara termudah untuk melakukan ini adalah dengan meraih aplikasi masing-masing di laci aplikasi dan kemudian menariknya ke ikon info aplikasi. Maka Anda akan melihat apakah aplikasi tersebut dapat dihapus atau hanya dinonaktifkan. Opsi terakhir berarti aplikasi tidak lagi diluncurkan saat restart dan menghilang dari laci aplikasi, tetapi tetap menempati ruang - aplikasi yang dinonaktifkan ini hanya dapat sepenuhnya dihapus setelah rooting ponsel Anda.

menonaktifkan aplikasi Samsung

Beberapa vendor tidak akan membiarkan Anda menghapus Facebook, Twitter, atau jejaring sosial lainnya di ponsel cerdas Anda. Ini menjengkelkan bagi pengguna yang tidak peduli dengan media sosial, atau mereka yang tidak membutuhkan aplikasi mengambil ruang di perangkat mereka. Lagi pula, dalam banyak kasus, situs seluler cukup memadai.

Salah satu solusinya adalah membeli smartphone dari produsen yang memungkinkan penghapusan bloatware - misalnya, Huawei dan Honor. Atau beli smartphone yang hanya datang dengan beberapa aplikasi pihak ketiga, seperti Google atau Lenovo.

5. Penghemat baterai

Mirip dengan penguat RAM, aplikasi penghemat baterai sering menjadi sampah. Aplikasi ini menawarkan solusi untuk salah satu masalah ponsel cerdas yang paling dibenci di dunia dan menjanjikan keajaiban. Hanya ada beberapa pengecualian untuk kebenaran bahwa aplikasi penghemat baterai hanyalah papan reklame yang disamarkan sebagai aplikasi yang bermanfaat.

Untuk benar-benar meningkatkan masa pakai baterai, Anda harus mengurangi permintaan energi dari sistem operasi dan semua layanan dan aplikasi yang berjalan. Jadi untuk menjadi efektif, aplikasi hemat energi perlu mengendalikan menjalankan Android. Tetapi karena Android tidak dapat dikontrol tanpa hak root, aplikasi yang tersedia di Play Store tidak bisa begitu saja mengambil alih kendali. Paling-paling, aplikasi dapat memberi saran atau memperingatkan Anda ketika Anda mengunyah terlalu banyak kubus Energon, tapi hanya itu saja. Jika menutup aplikasi yang haus daya, aplikasi tersebut kemungkinan akan dibuka kembali secara otomatis. Dengan demikian, efeknya terbalik dan konsumsi energi sebenarnya bisa meningkat.

nexus 5 akhir hari dua baterai tertidur

Alternatifnya? Buka pengaturan Baterai Anda. Temukan aplikasi dengan konsumsi tertinggi dalam daftar dan paksakan menutupnya. Beberapa kesalahan aplikasi juga dapat diatasi dengan cara ini, yang mungkin telah menyebabkan peningkatan permintaan energi.

Aplikasi Android apa lagi yang harus saya hapus?

Pertimbangkan untuk menghapus aplikasi apa pun yang tidak Anda gunakan, atau yang tampaknya menyebabkan daya baterai sangat besar, atau mengkonsumsi data yang berlebihan. Anda dapat memeriksa aplikasi mana yang memiliki dampak terbesar pada dua hal terakhir dengan masuk ke halaman pengaturan baterai atau halaman penggunaan data di menu Pengaturan Anda.

Sering ada alternatif untuk aplikasi haus daya yang Anda gunakan secara teratur, jadi cobalah salah satu dari mereka dan Anda mungkin akan menyukainya seperti aslinya.

Aplikasi Android mana yang menurut Anda harus dihapus instalasinya? Aplikasi Mana yang kesulitan untuk dihapus? Beri tahu kami di komentar di bawah.

Klik untuk berkomentar