5 Hal Yang Harus Diubah Dalam Pengaturan Ponsel Baru

Menggunakan smartphone baru untuk pertama kalinya adalah campuran kegembiraan dan ketidaksabaran. Semuanya mengejutkan, terutama jika Anda beralih ke produsen yang memiliki antarmuka yang sama sekali berbeda dari yang biasa Anda gunakan. Namun, kejutan kecil ini dapat berubah menjadi frustrasi dan gangguan dengan cepat, jika Anda bukan penggemar fitur baru. Itu sebabnya kami akan menunjukkan kepada Anda cara menonaktifkan lima opsi bawaan yang membuat kami marah.

5 Hal Yang Harus Diubah Dalam Pengaturan Ponsel Baru

1. Nonaktifkan suara dan getaran respons sentuhan

Saat menggunakan smartphone untuk pertama kalinya ada beberapa hal yang saya sukai kurang dari umpan balik. Getaran dan suara yang meniru reaksi tombol sungguhan tidak sesuai dengan keinginan saya, jadi itu selalu hal pertama yang saya matikan. Selain meniru tombol fisik yang ditekan dengan buruk, satu-satunya yang benar-benar dilakukannya adalah membuang-buang baterai.

Untuk menghentikan suara dan getaran dari respons sentuhan:
  • Buka Pengaturan > Suara & Getaran > Suara atau Sistem lainnya 
  • Sesampai di sana Anda dapat menonaktifkan: suara keyboard, suara kunci layar, suara pengisian daya, suara sentuh, getaran sentuh, dll. 

huawei mate 20 pro depan

Catatan: Jika smartphone akan digunakan oleh orang lanjut usia yang tidak memiliki indra sentuhan, disarankan untuk membiarkan getarannya diaktifkan, jadi lebih mudah untuk mengetahui kapan layar disentuh.

2. Nonaktifkan getaran keyboard saat Anda mengetik

OK, Anda telah menonaktifkan semua umpan balik sentuh pada sistem, jadi mengapa itu bergetar ketika saya mengetik? Ya, keyboard itu punya pikiran sendiri. Untuk menonaktifkan getaran keyboard, Anda harus menuju ke pengaturan pada keyboard itu sendiri, apakah Anda masih menggunakan stok satu atau yang Anda install.
  • Buka Pengaturan > Bahasa dan input > Keyboard virtual. Catatan: pada beberapa perangkat, seperti ponsel Samsung, Bahasa dan input dapat ditemukan di menu Manajemen Umum.
  • Pilih keyboard Anda.
  • Dalam preferensi, nonaktifkan 'Suara keyboard' dan 'Getaran keyboard'. 

Keyboard pahlawan aneh 2


3. Nonaktifkan koreksi otomatis pada keyboard

Sering kali koreksi otomatis menghambat Anda lebih dari membantu Anda. Sangat bagus ketika ponsel Anda merekomendasikan kata-kata saat Anda mengetik, tetapi tidak ketika itu mencoba untuk mengganti atau memperbaikinya sepanjang waktu. Stok koreksi otomatis pada sebagian besar ponsel cukup agresif, jadi sebaiknya segera nonaktifkan.

Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah ini:
  • Buka Pengaturan > Bahasa dan input > Keyboard virtual 
  • Pilih keyboard yang Anda gunakan.
  • Di pengaturan keyboard, tekan 'Koreksi Teks'.
  • Nonaktifkan opsi yang mengatakan 'Ganti otomatis'.

4. Nonaktifkan semua aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya yang tidak Anda gunakan

Sejumlah produsen memuat perangkat mereka dengan aplikasi mereka sendiri. Namun, Anda mungkin tidak pernah menggunakan layanan atau aplikasi itu, meninggalkan Anda dengan banyak aplikasi yang menghabiskan ruang dan sumber daya yang berharga.

Setiap aplikasi pabrikan akan menerima pembaruan dan beberapa bahkan mungkin berjalan di latar belakang tanpa sepengetahuan Anda. Anda tidak dapat sepenuhnya menghapus instalannya (kecuali telepon Anda di-rooting), tetapi Anda dapat membuatnya hibernasi.

Kami memiliki seluruh artikel tentang cara menonaktifkan aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya , tetapi saya akan memberi Anda gambaran singkat tentang langkah-langkah utama di sini:
  • Buka Pengaturan > Aplikasi 
  • Pilih aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan (hindari aplikasi struktural seperti layanan Google atau aplikasi lain yang tidak ada dalam laci aplikasi).
  • Dalam informasi aplikasi, Anda akan menemukan tombol Nonaktifkan.
  • Anda juga dapat memilih untuk Menonaktifkan notifikasi jika mau. 

Aplikasi baru

5. Matikan animasi boot

Setiap smartphone memiliki animasi kecil, yang diputar ketika perangkat dihidupkan - beberapa juga disertai dengan jingle atau klise memulai lagu. Jika Anda di rumah, maka itu bukan masalah besar, tetapi jika Anda me-restart telepon Anda di depan umum, itu bisa sedikit memalukan.

Nonaktifkan suara boot, jadi Anda tidak perlu mendengarkan "Hello Moto" atau sejenisnya dengan mengikuti langkah-langkah ini:
  • Buka Pengaturan > Suara 
  • Bergantung pada pabrikannya, akan ada opsi berbeda yang harus Anda nonaktifkan. Untuk Motorola disebut 'Power up sound' dan untuk Huawei / Honor 'Start up sound'.
  • Tidak semudah itu bagi pengguna Samsung, tapi kami punya beberapa opsi. Untuk pengguna non-root, letakkan perangkat Anda dalam mode senyap sebelum Anda memulai ulang atau mematikannya. Anda juga dapat menonaktifkan semua suara di Pengaturan > Aksesibilitas > Pendengaran. Untuk pengguna root, Anda dapat menghapus file audio di \ System \ Etc \ PowerOn.wav untuk menghidupkan dan \ System \ Media \ Audio \ ui \ shutdown.ogg untuk shutdown. 

Bonus: Mengubah nada dering

Ketika telepon pertama dengan nada dering polifonik keluar, memilih nada dering adalah keputusan yang sulit dan penting yang sering menghabiskan sepanjang waktu. Sekarang, kebanyakan dari kita bahkan tidak memperhatikannya, tetapi ada banyak opsi personalisasi, jika Anda tertarik pada mereka. Anda bahkan dapat menjadikan lagu favorit sebagai nada dering.

Jika Anda memilih untuk tidak mengubah nada dering, ponsel Anda akan terdengar seperti yang lain dari produsen yang sama. Itulah sebabnya saya sangat menyarankan Anda untuk menemukan sesuatu yang baru, terutama jika Anda memiliki iPhone. Cari sesuatu dengan sedikit kepribadian dan gaya.

Apakah ada hal lain yang secara otomatis Anda nonaktifkan ketika Anda mendapatkan telepon baru? Beri tahu kami di komentar.

Klik untuk berkomentar