Apa itu HDR dan Kapan Harus Menggunakannya?

HDR. Tiga huruf kecil ini ada di banyak aplikasi kamera ponsel cerdas, tetapi Anda mungkin tidak mengerti apa yang mereka wakili. Jika Anda masih dalam kegelapan tentang apa itu HDR, atau hanya ingin tahu kapan sebaiknya menggunakannya, baca terus. Kami juga akan menjelaskan bagaimana trik HDR + Pixel 2 dapat meningkatkan foto Anda, bahkan jika Anda tidak memiliki ponsel andalan Google.
Apa itu HDR dan Kapan Harus Menggunakannya

Apa itu HDR?

Dalam istilah foto, rentang dinamis adalah perbedaan antara elemen paling terang dan paling gelap dari suatu gambar. High Dynamic Range, atau HDR, adalah proses yang meningkatkan jangkauan dinamis ini di luar apa yang dapat ditangkap oleh lensa ponsel cerdas Anda. HDR dapat digunakan untuk membuat representasi akurat dari apa yang dapat Anda lihat dengan mata Anda, atau gambar yang lebih artistik yang menciptakan nuansa definisi tinggi ke lanskap.
Tangkapan layar 201
Meskipun tujuan akhir dari HDR adalah untuk membuat gambar yang lebih mengesankan, itu bukan fitur yang harus digunakan untuk setiap foto, itu tergantung pada apa yang Anda ambil. Di bawah ini, kami telah menyoroti penggunaan terbaik untuk HDR, serta cara kerjanya dalam praktik langsung.

Bagaimana cara kerja HDR?

Saat Anda mengambil foto dengan HDR diaktifkan, kamera mengambil beberapa gambar secara berurutan dengan nilai eksposur yang berbeda. Perangkat lunak kamera ponsel kemudian menggabungkan gambar-gambar ini menjadi satu foto yang menjaga detail dari daerah paling gelap dan paling terang.

Sebelum fungsi ini menemukan jalannya ke kamera ponsel, Anda harus mengambil tiga foto (dengan kamera pilihan Anda), mentransfernya ke PC, membukanya di Photoshop atau yang serupa dan menggunakan fungsi perangkat lunak HDR untuk mengkompilasi ketiga gambar secara bersamaan, menyoroti bagian terbaik dari masing-masing, untuk mencapai efek yang sama.
foto hDR
Di sebelah kanan, Anda melihat gambar dengan nilai eksposur tinggi dan rendah; di sebelah kiri, dua foto ini dikombinasikan dengan HDR

Untungnya, produsen ponsel pintar telah mengadaptasi HDR ke perangkat lunak kamera perangkat mereka sehingga, ketika diaktifkan, telepon melakukan semua ini secara otomatis. Karena perangkat lunak ini pada dasarnya menggabungkan beberapa gambar untuk membuat bidikan akhir Anda, HDR berfungsi paling baik dengan bidikan statis dan tanpa pergerakan pada tangan.

Kapan Anda harus menggunakan HDR?

Sebenarnya tidak ada satu pun cara terbaik untuk menggunakan HDR; tergantung apa yang ingin Anda capai dari foto. Di bawah ini adalah beberapa tips untuk beberapa tempat yang lebih umum di mana HDR digunakan untuk mengambil gambar yang lebih baik.

Bentang Alam

Pencahayaan adalah salah satu aspek terpenting dari foto yang baik, tetapi di luar ruangan, sinar matahari dapat menyebabkan terlalu banyak kontras. HDR dapat menyeimbangkan perbedaan ini sehingga ada lebih sedikit bagian putih terang atau hitam gelap. Lihat dua foto di bawah ini dan lihat bagaimana detail di langit menjadi lebih terlihat jika HDR diaktifkan.
bukan hdr
Tanpa HDR
hdr
Dengan HDR

Adegan Rendah Cahaya

Jika foto Anda terlalu gelap - atau terlalu gelap di area tertentu - HDR dapat digunakan untuk meningkatkan tingkat kecerahan secara keseluruhan. Itu tidak dapat mencapai keajaiban: jika tidak ada cahaya di lingkungan tertentu maka HDR tidak dapat memproduksinya, tetapi karena HDR bekerja atas dasar mengambil elemen gambar yang paling terang dan paling gelap dan menggabungkannya, hal itu bisa membantu.

Kapan sebaiknya Anda tidak menggunakan HDR?

Ketika Anda atau hal-hal lain bergerak

Karena HDR mengambil tiga foto, jika sesuatu bergerak di antara satu atau dua pemotretan, gambar akhir dapat tampak buram: ini juga mengapa foto butuh sedikit lebih lama untuk diproses saat menggunakan HDR. Pertahankan diri Anda tetap stabil dan cobalah untuk mengambil foto subjek yang diam.

Adegan kontras tinggi

Beberapa foto terlihat lebih baik dengan kontras yang kuat antara area terang dan gelap. Menggunakan HDR akan mengurangi kontras ini, sehingga efeknya kurang jelas. Jika bukan itu yang Anda inginkan dari gambar akhir, jangan lakukan itu.

Adegan dengan warna-warna cerah

HDR tentu saja dapat membawa semangat ke warna yang tidak bernyawa dalam sebuah adegan. Tetapi jika Anda berurusan dengan warna yang sudah sangat hidup, HDR dapat membuatnya terlihat norak. Hati-hati jangan sampai berlebihan dalam saturasi warna.
bukan hdr2
Contoh lain adegan tanpa HDR
hdr2
Dan dengan HDR

Bagaimana saya tahu jika ponsel memiliki HDR?

Sebagian besar ponsel modern memiliki pengaturan HDR, tetapi untuk menggunakannya, Anda mungkin perlu mengaktifkannya di pengaturan kamera. Terkadang, ini berarti mengatur aplikasi kamera ponsel Anda ke mode Manual daripada Otomatis.

Jika ponsel cerdas Anda tidak disertai dengan HDR, ada sejumlah solusi yang tersedia di Google Play Store, yang menawarkan hasil yang beragam.

Apa itu HDR + dan bagaimana saya bisa mendapatkannya?

Sejak diluncurkan pada Oktober 2017, Google Pixel 2 telah dikenal luas sebagai raja kamera dunia Android. Baru musim panas ini, pembaca KepoinIT memilih Pixel 2 sebagai juara Piala Dunia Kamera Smartphone kami. Tapi apa yang membuat kamera Pixel 2 begitu mengesankan? Rahasianya terletak pada perangkat lunak dan, khususnya, teknologinya HDR +. HDR + seperti HDR pada steroid. Tidak hanya meningkatkan rentang dinamis tetapi juga mengurangi noise dan meningkatkan warna pada saat yang bersamaan. Aplikasi kamera Pixel melakukan ini dengan mengambil bidikan cepat ketika Anda mengambil gambar sebelum menggabungkannya untuk membuat gambar yang dibangun dari semua bit terbaik. Hasilnya mengesankan!
aplikasi kamera google
Karena trik ini bergantung pada perangkat lunak dan bukan perangkat keras, dimungkinkan untuk menggunakan HDR + pada ponsel pintar Android yang tidak dibuat oleh Google. Jika Anda ingin mengambil gambar seperti Pixel 2 pada ponsel Samsung, OnePlus atau Xiaomi, lihat panduan kami.

Kesimpulan

Tips terbaik untuk menggunakan HDR untuk foto adalah dengan mengambil gambar adegan yang sama dengan dan tanpa HDR, dan kemudian lihat apa yang paling menarik bagi Anda. Ini cepat, mudah dan akan memberi Anda ide yang lebih baik tentang apa yang dapat dicapai dengan pengaturan ini. Ingatlah untuk tetap memegang tangan saat Anda melakukannya. Seiring waktu, Anda akan melatih mata Anda dan belajar untuk melihat pemandangan yang lebih cocok untuk mode HDR atau tidak.

Apakah Anda memanfaatkan mode HDR pada ponsel cerdas Anda? Kapan menurut Anda yang terbaik untuk menggunakannya? Beritahu saya di komentar.

Klik untuk berkomentar