Cara memperbaiki Kesalahan File Audio-Video yang Tidak Didukung di Android

Tidak ada yang lebih menyebalkan daripada mengunduh atau mentransfer video ke ponsel Android dan pada akhirnya disambut dengan peringatan “tidak dapat membuka file” atau “codec audio yang tidak didukung” ketika Anda mencoba memainkannya. Jadi, bagaimana memperbaiki kesalahan file video yang tidak didukung? Baca terus dan kami akan membimbing Anda untuk mendapatkan solusinya.
Cara memperbaiki Kesalahan File Audio-Video yang Tidak Didukung di Android

Sebelum kita masuk ke detailnya, ada baiknya menjelaskan mengapa dan bagaimana masalah ini terjadi.

Apa itu codec?

Hal yang pertama, codec sebenarnya adalah singkatan dari compressor-decompressor. ini adalah metode untuk encoding dan decoding data, khususnya untuk data terkompresi. Codec mengambil data (dalam hal ini data video) dan mengompresnya sehingga dapat dikirim atau disimpan atau didekompresi agar dapat dilihat.

Apa itu container?

Biasanya sebuah container juga disebut sebagai format file. Ini mengurus pengemasan, transportasi dan presentasi (sementara codec menyiapkan file untuk tindakan ini). container menjaga sinkronisasi audio dan video. container adalah bagian dari file yang menentukan tipe file. Secara sederhana - jika Anda memiliki file kepoinit.mp4, MP4 adalah containernya.

Mengapa video saya tidak diputar?

Dalam kebanyakan kasus, alasan mengapa Anda mendapatkan pesan kesalahan ketika mencoba memutar file video pada perangkat Android adalah karena codec file media Anda berbeda dari pemutar video, atau fakta bahwa pemutar video Anda tidak mendukung codec (audio). Anda mungkin berpikir bahwa pemutar media Anda secara sewenang-wenang memutuskan untuk memainkan dan tidak memainkan jenis container yang sama (alias jenis file), tetapi sebuah container dapat berisi beberapa jenis codec, dan ponsel Anda mungkin tidak mendukung semuanya.

Bagaimana saya bisa memainkan "file media yang tidak didukung" pada smartphones saya?

Seperti disebutkan di atas, salah satu alasan Anda mendapatkan pesan "tidak dapat membuka file", "codec audio yang tidak didukung" atau "kesalahan file video yang tidak didukung" adalah karena pemutar media Anda saat ini tidak mendukung codec video yang ingin anda putar. Solusi termudah adalah beralih dari pemutar video default dan mengunduh media player baru.
KepoinIT Google pixel XL google asisten tripple
VLC akan menyelesaikan masalah Codec Anda / © KepoinIT

Saya sangat merekomendasikan VLC Player yang fantastis. VLC mendukung hampir semua format file, dapat menangani beberapa track audio, subtitle, rotasi otomatis layar dan koreksi pada aspek rasio. Volume dan kecerahan dapat dikontrol oleh gerakan dan ada juga widget yang tersedia.

Apa media player pilihan Anda untuk Android?

Klik untuk berkomentar