Cara Menggunakan MicroSD Sebagai Penyimpanan Internal di Android

Apakah Anda ingin menggunakan kartu MicroSD Anda sebagai ekstensi memori nyata dan menginstal aplikasi di atasnya? Maka Anda perlu memformatnya sebagai memori internal. Cukup mudah pada sebagian besar ponsel, tetapi sayangnya, beberapa produsen seperti Sony, LG atau Samsung, tidak dapat melakukan ini secara default. Namun, jika OS ponsel cerdas Anda adalah Android Marshmallow, prompt baris perintah akan membantu. Hindari kesedihan dari pembaruan sistem dengan mengikuti tips baru di awal artikel ini.
Cara Menggunakan MicroSD Sebagai Penyimpanan Internal di Android

Cara mudah

Jika Anda beruntung, ponsel cerdas Anda akan memungkinkan Anda melakukan ini tanpa harus menghubungkannya ke PC. Metode ini kemungkinan satu-satunya harapan Anda, jika Anda menjalankan versi Android yang lebih baru (7.0 Nougat atau 8.0 Oreo). Berikut cara memeriksa:
  • Letakkan kartu SD di ponsel Android Anda dan tunggu sampai dikenali
  • Buka Pengaturan > Penyimpanan
  • Ketuk nama kartu SD Anda.
  • Ketuk tiga titik vertikal di sudut kanan atas layar.
  • Ketuk Pengaturan Penyimpanan.
  • Pilih format sebagai opsi internal.
  • Ketuk Hapus & Format saat diminta
  • Android kemudian akan menawarkan untuk memigrasi data Anda
Jika ponsel cerdas Anda tidak memungkinkan Anda melakukan ini, maka itu akan menjadi sedikit lebih rumit. Kita akan membahas ini dalam metode yang diuraikan di bawah ini.

Apa yang harus dilakukan jika ponsel Anda tidak memungkinkan Anda untuk memformat microSD sebagai memori internal

Beberapa produsen ponsel cerdas yang tidak membantu menonaktifkan fungsi default Android untuk memformat microSD sebagai memori internal dengan menyembunyikan opsi dari ponsel Anda. Namun, masih dimungkinkan untuk mengaktifkan ini menggunakan PC, tidak diperlukan root atau hak khusus.

Langkah-langkah pastinya bervariasi tergantung pada versi Android ponsel Anda. Teknik ini bekerja dengan baik dengan Android 6.0 Marshmallow dan Android 8.0 Oreo, namun, kami mengalami kesulitan dengan Android Nougat.

Untuk ponsel yang menggunakan Android 6.0 Marshmallow

Ketika kartu MicroSD diformat sebagai memori internal, aplikasi dapat sepenuhnya disimpan di dalamnya. Ini berarti bahwa jika Anda mengunduh aplikasi dengan ukuran total 2 GB, maka harus ada 2 GB ruang yang digunakan pada kartu SD. Namun, jika kartu MicroSD hanya diformat sebagai memori cadangan, ini bukan masalahnya, seperti yang ditulis PLATYPUS_DIARRHEA di Reddit.

Hanya karena opsi menu tidak terlihat tidak berarti tidak berfungsi. Beberapa hari setelah posting Reddit, prompt baris perintah diketahui, yang dengannya Anda juga dapat memformat kartu MicroSD sebagai memori internal pada Galaxy S7. Kami telah berhasil menguji instruksi dengan Samsung Galaxy S7 , Sony Xperia Z5 dan LG G4, saat menjalankan Android 6.0 Marshmallow.

Ketiga smartphone beroperasi pada Android 6.0 Marshmallow dan memiliki slot untuk kartu MicroSD. Selain itu, opsi menu untuk memformat kartu MicroSD saat memori internal tidak ada. Entri hanya tersedia di HTC One A9 dan di Motorola di semua smartphone Moto.

Darth Vader micro SD Kepoin IT
Mengapa Samsung, LG dan Sony tidak menunjukkan kepada kita opsi menu ini luput dari saya. Saya menghubungkan masing-masing dari ketiga smartphone ke komputer, dan masing-masing memiliki satu kartu MicroSD di dalamnya.

Kemudian saya mengetik di alat ADB perintah baris perintah yang Paul O'Brien dijelaskan dalam posting blog-nya. Segera setelah jendela perintah terbuka dan ponsel cerdas terhubung, Anda dapat memasukkan perintah pertama:
  • adb shell
Sekarang baris perintah siap bagi Anda untuk mengeluarkan perintah sistem ke ponsel cerdas Anda. Dalam hal ini, kami ingin memformat kartu SD atau sebagian dari memorinya sebagai memori internal. Bahkan jika Sony, Samsung dan LG menyangkal kami melalui UI, kami masih dapat mentransfer perintah ke smartphone sebagai perintah konsol. Namun, pertama-tama, kita memerlukan ID kartu SD. Anda akan menemukannya dengan perintah berikut:
  • sm list-disks
Dalam kasus saya, disk disebut 179,64. Bagi Anda, mungkin berbeda. Perhatikan pengidentifikasi yang tepat. Pada perintah berikutnya, kami akan memformat dan mempartisi kartu MicroSD. Konten Anda akan dihapus. Jika file penting ada di kartu, salin ke disk lain. Jika Anda ingin menyimpan kartu MicroSD secara permanen di smartphone, Anda sekarang dapat mempartisi semua memori Anda. Untuk melakukan ini, ketik:
  • sm partition disk: 179,64 private
Pengoperasian berlangsung beberapa detik atau menit, tergantung pada kapasitas kartu memori. Jika Anda ingin menggunakan persentase tertentu sehingga dapat dibaca oleh perangkat lain, Anda harus mengecualikannya dari partisi pribadi. Perintah partisi 50:50 terlihat seperti ini:
  • sm partition disk: 179,64 mixed 50
Ini adalah akhir dari panduan Paul O'Brien, tetapi bukan akhir dari pekerjaan. Jika sekarang Anda ingin menggunakan memori yang diadopsi, Anda juga harus memigrasikan aplikasi dan data. Ini dapat dilakukan melalui bagian penyimpanan menu pengaturan Android Anda. Ketuk kartu MicroSD, lalu pindah ke kanan atas menu dan klik Pindahkan data. Anda tidak dapat memilih item menu ini sebelum mempartisi.
internal sd memindahkan data 1
Sekarang, dan di masa depan, aplikasi yang diunduh sepenuhnya ditulis ke kartu MicroSD. Hanya aplikasi dan pembaruan sistem yang menggunakan memori internal. Ini berarti Anda tidak akan pernah lagi mendapatkan pesan kesalahan karena kurangnya ruang jika pembaruan aplikasi menunggu.
internal sd memindahkan data 2

Masalah dengan pembaruan sistem dan Nougat

Beberapa pembaca telah melaporkan kesulitan ketika menginstal pembaruan sistem dari Android 6 setelah menggunakan metode di atas. Pembaruan untuk Android 7.0 Nougat tampaknya tidak mungkin dilakukan dengan kartu MicroSD yang dipartisi secara manual, seperti dijelaskan di bawah ini. Perangkat uji kami dengan Android 7.0 Nougat bahkan tidak menanggapi perintah konsol yang ditunjukkan di bawah ini.

Karena tidak adanya dokumentasi di internet, kami hanya dapat menyarankan Anda untuk membalik langkah-langkah yang dijelaskan di bawah ini sebelum pembaruan sistem. Cadangkan foto atau musik di komputer atau di cloud dan kosongkan sebanyak mungkin memori pada kartu SD dan ponsel cerdas.

Copot pemasangan aplikasi yang tidak perlu dan migrasikan data Anda kembali ke memori internal. Kemudian format kartu MicroSD sebagai media yang dapat dilepas. Hanya dengan demikian aman menginstal pembaruan Android.

Apa yang salah?

Kartu microSD tidak secepat memori internal smartphone. Jadi, jangan buang-buang uang untuk yang lebih murah, dan sebaliknya dapatkan sendiri kartu memori dengan throughput yang masuk akal. Pro Ekstrim dan kartu MicroSD Extreme Plus dari Sandisk telah terbukti menjadi nilai terbaik untuk uang, menurut pendapat kami. Dengan throughput penulisan 74 MB / s, Anda seharusnya tidak mengalami keterlambatan dalam kehidupan sehari-hari dan mendapat manfaat dari memori yang jauh lebih banyak.

Menariknya, hanya LG G4 yang dapat dengan benar membaca memori yang didapat. Samsung menunjukkan jumlah memori yang diduduki sangat tinggi dan nilai Sony bahkan negatif. Namun demikian, kami tidak memiliki komplikasi, dan bahkan ketika kami terhubung ke komputer, kami dapat mengakses semua data kami dengan benar. Namun, kami hanya dapat melihat bagian memori yang dibagikan, dan bukan pribadi, di sana. Kesulitan muncul hanya ketika datang ke pembaruan sistem (lihat di atas).

Keuntungan ruang penyimpanan: sukses total

Kami telah menguji perangkat yang dipartisi secara manual untuk uji ketahanan yang seragam. Kami telah menginstal Final Fantasy IX di semua perangkat. Game ini berukuran 1,8 GB. Setelah instalasi, mudah untuk melihat yang mana dari dua memori, internal atau kartu SD, memiliki ruang memori yang digunakan. Dalam semua kasus, setelah pemasangan pada kartu SD, ruang 1,8 GB lebih sedikit tersedia. Keberhasilan sejauh ini tidak dapat dicapai dengan kartu SD yang diformat sebagai memori yang dapat dipertukarkan, karena migrasi data yang lengkap tidak dimungkinkan.

Bandingkan nilai memori internal dan memori kartu SD dalam tangkapan layar sebagai bukti.

internal sd memindahkan data 3

Apa yang terjadi jika kartu microSD dilepas?

Tentu saja, pertanyaannya adalah apa yang terjadi ketika kartu MicroSD dikeluarkan dari sistem. Sebenarnya, itu menciptakan masalah serius untuk aplikasi Anda. Bagaimanapun, mereka tidak dapat lagi mengakses data mereka. Karena partisi dengan sistem operasi Anda dan informasi untuk reset pabrik masih disimpan dalam memori internal, kartu SD yang dilepas atau rusak tidak dapat membahayakan. Ketika kami mengeluarkan kartu MicroSD, ikon aplikasi dengan cepat diganti oleh pengganti, yang segera dipulihkan saat diinstal ulang.

Jika Anda kehilangan kartu SD atau cacat, data Anda hilang. Karena ini dienkripsi sebagai memori internal, Anda tidak boleh berharap untuk pemulihan data. Alih-alih, pencadangan rutin sesuai. Namun aturan ini tetap berlaku. Jadi bersenang-senanglah dengan ekspansi memori murah di smartphone Marshmallow Anda.

Lepaskan kartu SD yang dipartisi secara aman

Untuk melepaskan kartu SD dengan aman dari telepon pintar, Anda harus membalik proses di atas. Karena ruang penyimpanan Anda pada memori internal mungkin tidak memadai, Anda harus terlebih dahulu mentransfer gambar ke bentuk penyimpanan lain dan menghapus instalasi aplikasi.

Kemudian Anda kembali ke pengaturan Memori & USB dan ketuk Pindahkan data di bawah Memori internal di menu. Kemudian Anda pergi ke kartu SD dan memformatnya sebagai memori ponsel. Lakukan kedua langkah (mencadangkan dan memformat) agar data Anda tidak dapat hilang dan Anda dapat menggunakan kartu SD pada perangkat lain.

Apakah proses ini berhasil untuk Anda? Kartu MicroSD mana yang Anda gunakan? Beri tahu kami di komentar di bawah.

Klik untuk berkomentar