Bagaimana Melindungi PC Anda dari Ransomware

Ransomware adalah jenis malware yang sangat jahat yang mengenkripsi file Anda dan menahannya hingga Anda melakukan pembayaran. Pada artikel ini, kami menjelaskan apa ransomware itu, cara kerjanya dan perangkat lunak mana yang dapat membantu Anda melindunginya dengan yang terbaik.

Bagaimana Melindungi PC Anda dari Ransomware

Apa itu ransomware dan mengapa Anda harus menjauhinya?

Ransomware adalah sejenis malware yang mengunci Anda dari perangkat Anda atau mengenkripsi file di dalamnya, mencegah akses hingga sejumlah uang dibayarkan. Malware yang rumit ini dapat dikirimkan melalui Trojan, yang dapat diunduh pengguna secara tidak sengaja dengan berpikir bahwa itu adalah file lain, atau dapat menyebar tanpa ada tindakan pengguna, seperti dalam kasus WannaCry.

WannaCry menyebar sangat cepat dan mungkin merupakan contoh terbaru dari ransomware terbaru. Ini mempengaruhi 300.000 komputer di lebih dari 150 negara dengan mengambil keuntungan dari kerentanan pada Windows yang bocor dari NSA. Contoh ransomware lainnya adalah Cerber, yang menginfeksi sistem Anda melalui Trojan horse, lalu mengenkripsi file Anda dan meminta pembayaran.

Anda biasanya dapat menangkapnya dengan mengunduh perangkat lunak atau film bajakan, dan kemudian hanya para peretas yang memiliki kemampuan untuk mendekripsi file Anda. Contoh lain dari jenis ransomware jahat termasuk CryptoLocker, Petya, Bad Rabbit, AES-NI dan Osiris, antara lain.

Ingin menangis

Individu dan bisnis perlu melindungi data mereka terhadap ancaman ini dengan perangkat lunak anti-ransomware, karena semakin lazim dan mahal setiap tahun. Tahun ini, ada peningkatan 400% dalam jenis ransomware baru. Itu berarti melindungi dari ancaman yang diketahui saja tidak cukup. Anda juga harus melindungi dari ancaman yang muncul dan serangan zero-day.

Tebusan rata-rata yang diminta pada tahun 2017 adalah $ 1.100. Bahkan jika Anda sudah memiliki perangkat lunak anti-virus, itu membantu untuk memiliki lapisan perlindungan tambahan terhadap jenis malware khusus ini, karena jika Anda tidak memilikinya, Anda dapat dikenakan biaya ribuan dolar dalam bentuk uang tebusan atau kerusakan pada file Anda. dan sistem. Untungnya, ada banyak solusi yang terjangkau dan gratis di luar sana untuk mencegah serangan ransomware dan menjaga keamanan data Anda. Di bagian selanjutnya, kami akan memberi tahu Anda yang mana favorit kami dan mengapa itu yang terbaik.

Apa perangkat lunak terbaik untuk melindungi dari ransomware?

Ada banyak opsi untuk melindungi PC Anda dari serangan ransomware, tetapi kami menyarankan Acronis Ransomware Protection. Ini adalah aplikasi gratis dengan berbagai manfaat, termasuk tidak hanya pencegahan aktif, tetapi juga file cadangan dan pemulihan. Ini dimaksudkan untuk digunakan sebagai lapisan perlindungan tambahan selain antivirus Anda.

Begini cara kerjanya: Dengan memonitor perilaku sistem Anda secara real time, ia dapat menghentikan serangan dari ransomware yang dikenal (seperti WannaCry, Osiris dan Petya) dan dari ransomware baru yang belum pernah dilihat sebelumnya, juga dikenal sebagai serangan zero-day.

Jika proses yang mencurigakan mulai mencoba mengenkripsi file Anda atau menginfeksi sistem Anda, Acronis akan menghentikan aktivitas dan memberi tahu Anda. Kemudian akan memberi Anda opsi untuk memblokir aktivitas secara permanen atau membiarkan aktivitas mencurigakan berlanjut jika itu adalah alarm palsu, misalnya, jika Anda sengaja mengenkripsi file Anda sendiri dengan sengaja.

Jika malware berhasil merusak atau mengenkripsi file Anda, mereka dapat dipulihkan dari cache lokal di komputer Anda. Selain itu, Acronis menawarkan penyimpanan cloud 5 GB gratis, yang diperbarui secara berkala, sehingga Anda dapat menyimpan file-file paling penting Anda dicadangkan dengan aman di cloud.

Cara mendapatkan Acronis Ransomware Protection secara gratis

Berikut ini adalah panduan langkah demi langkah kami untuk mengunduh, menginstal, dan mengonfigurasi perangkat lunak Ransomware Protection Acronis. Langkah pertama adalah mengunduh penginstal, yang hanya 20 MB, dari situs web resmi. Aplikasi ini kompatibel dengan PC yang menjalankan Windows 7 SP1, 8, 8.1 atau 10, itu tidak memperlambat kinerja komputer Anda, dan Anda dapat menggunakannya bersama dengan anti-virus atau cadangan lainnya tanpa masalah. Unduh Acronis Ransomware Protection Free

1. Setelah mengunduh, cukup jalankan program untuk menginstal perangkat lunak. Anda harus membuat akun, tetapi Anda tidak perlu menyerahkan informasi lebih dari nama dan alamat email Anda. Setelah instalasi dan membuat akun, Anda akan mendapatkan tutorial cepat sebelum dibawa ke layar utama berikutnya, yang menampilkan dua bagian: Perlindungan Aktif dan pencadangan Cloud.

cadangan cloud perlindungan aktif acronis

2. Di bagian Perlindungan Aktif, ini menunjukkan proses yang dipantau yang harus Anda perhatikan sebagai potensi ancaman dan proses Aman yang tidak perlu Anda perhatikan terlalu dekat. Proses yang dipantau muncul sebagai warna biru di timeline di sebelah kanan, sementara proses Aman berwarna hijau. Merah jelas berarti proses berbahaya yang lebih jelas telah terdeteksi. Mengklik Manage Processes akan membawa Anda ke daftar proses mencurigakan, dan Anda dapat memilih untuk memblokir atau mempercayai mereka dari layar itu.

proses acronis diblokir

3. Di bagian Pencadangan cloud, Anda dapat mengklik ikon Pengaturan untuk memilih file dan folder mana yang ingin Anda terus-menerus dicadangkan ke penyimpanan cloud 5 GB gratis. Menggunakan cadangan cloud benar-benar opsional. Jika Anda seorang penggemar layanan dan Anda telah menggunakan semua 5 GB gratis, Anda dapat meningkatkan ke 250 GB penyimpanan untuk $ 9,99 per tahun, 500 GB untuk $ 19,99 atau 1 TB untuk $ 39,99. Untuk melihat file yang dicadangkan, klik Browse dan Anda akan dibawa ke situs web Acronis Cloud.

Kesimpulannya

Ransomware adalah sesuatu yang benar-benar harus dijauhkan dari PC Anda secara proaktif dengan lapisan perlindungan tambahan bersama antivirus Anda. Ada banyak yang harus diingat ketika memilih perangkat lunak anti-ransomware yang tepat, termasuk biaya dan apakah itu termasuk cadangan data dan opsi pemulihan offline dan di cloud. Acronis Ransomware Protection menawarkan pemantauan dan pencegahan aktif, bersama dengan 5 GB penyimpanan cadangan cloud untuk berjaga-jaga jika yang terburuk terjadi, semuanya gratis.

Sampaikan pendapat Anda tentang keamanan PC dan pertahanan ransomware di komentar!

Klik untuk berkomentar