Cara Menghapus TouchWiz di Ponsel Samsung

Android adalah sistem sumber terbuka. Itu berarti bahwa produsen pihak ketiga dapat melakukan apa saja yang mereka inginkan. Contoh dari hal ini adalah lapisan UI khusus Samsung, One UI (sebelumnya Samsung Experience dan sebelumnya TouchWiz), yang sering menjadi subjek perdebatan sengit - tidak semua orang menyukai. Jika Anda ingin menghapus UI dari ponsel Anda, kami memiliki beberapa solusi berbeda untuk membantu Anda, apakah Anda pengguna biasa atau pakar Android.
Cara Menghapus TouchWiz di Ponsel Samsung

Apa itu TouchWiz / Grace UX / Samsung Experience?

Semua smartphone Samsung hadir dengan antarmuka unik Samsung, TouchWiz atau Samsung Experience. Dimulai dengan Galaxy Note 7 yang ditarik kembali, desain antarmuka baru bernama Grace UX diperkenalkan, meskipun telah melalui beberapa perubahan nama. Dengan pembaruan perangkat pabrikan Korea ke Android Nougat, desain baru ini diperluas. Antarmuka telah sedikit berubah, yang dapat kita lihat pada perangkat yang lebih baru seperti Galaxy S8. Galaxy S9 dan Galaxy Note 9, di sisi lain, akan segera dilengkapi dengan versi terbaru dari antarmuka pengguna Samsung - One UI .

Namun, tidak semua orang menyukai pengalaman pengguna baru ini. Jika Anda memiliki ponsel cerdas Samsung tetapi Anda tidak merasakan antarmuka, kami dapat membantu Anda dengan mengubahnya.

Nonaktifkan aplikasi Samsung (non-root)

Jelas, ini tidak akan sepenuhnya menghapus TouchWiz / Samsung Experience dari perangkat Samsung Anda, tetapi itu akan menghilangkan pembaruan yang menjengkelkan yang selalu diminta oleh aplikasi yang telah diinstal sebelumnya (bloatware) dan yang terus-menerus memakan memori internal Anda. Kita dapat menyingkirkan notifikasi dan aplikasi yang Samsung pasang sebelumnya.

Anda dapat mulai dengan menyingkirkan pintasan dan widget, tetapi untuk benar-benar menghentikan aplikasi, Anda harus pergi ke Settings > Applications > Application Manager, cari aplikasi yang menyinggung dan pilih itu.
Singkirkan Pengaturan Touchwiz 1
Setelah Anda berada di informasi aplikasi:
  • Hapus centang opsi Show notifications
  • Erase the cache
  • Erase data
  • Terakhir, ketuk Disable.
Dengan cara ini, aplikasi akan tetap dalam mode hibernasi, itu tidak akan memperbarui, dan itu hanya akan mengambil ruang awal yang datang dengannya. Jika Anda ingin menyalakannya kembali, yang perlu Anda lakukan adalah pergi ke Application Manager lagi dan di bawah 'disabled', Anda akan melihat semua aplikasi yang telah Anda matikan.

Install peluncur yang berbeda sehingga Anda tidak perlu melihat Pengalaman TouchWiz / Samsung

Ini adalah perubahan paling drastis yang dapat Anda lakukan tanpa me-rooting ponsel Anda. Jika ikon atau latar belakang kontras tinggi Touchwiz tidak sesuai dengan keinginan Anda, Anda selalu dapat memodifikasi tampilan untuk membuat pengalaman Android Anda sedikit lebih tertahankan.

Dengan peluncur khusus, Anda dapat mengubah tampilan desktop dan ikon. Ini hanya mengharuskan Anda pergi ke Google Play Store dan mengunduh salah satu dari banyak peluncur yang tersedia. Yang paling populer adalah Nova, Apex, dan Microsoft Launcher. Anda dapat menemukan pilihan peluncur terbaik di sini.
Singkirkan Touchwiz Setup 2
Buka Google Play Store dan install mana yang paling Anda sukai. Pertama kali Anda membukanya, ia akan menanyakan peluncur mana yang ingin Anda gunakan. Pilih peluncur yang baru saja Anda install dan klik 'always.' Jika karena alasan tertentu Anda ingin kembali ke TouchWiz, Anda dapat mengubahnya di Settings > Default Apps > Home screen, pilih peluncur Anda dan klik tombol beranda.

Hapus TouchWiz / One UI: root dan install AOSP ROM

Jika Anda ingin sepenuhnya menghapus UI Samsung dari perangkat Anda, satu-satunya pilihan adalah mem-flash perangkat Anda dengan ROM baru yang tidak memiliki sedikit pun TouchWiz di dalamnya. Ini akan membatalkan garansi Anda, karena penghitung Knox akan ditetapkan ke nol. Untuk mem-flash Samsung Anda, hal pertama yang Anda perlukan adalah Odin .

Untuk menghapus Touchwiz dari ponsel Anda, Anda akan memerlukan beberapa hal: pertama, install pemulihan kustom dan kemudian instal ROM baru dari pemulihan kustom. Beberapa ROM sudah di-root sebelumnya secara default, tetapi untuk yang lain bersifat opsional.
KepoinIT odin firmware samsung flash
Pemulihan kustom yang paling umum untuk Samsung adalah TWRP. Untuk menginstalnya, Anda akan memerlukan file yang tepat untuk model ponsel Anda. Anda dapat mengunduhnya dari halaman resminya: perangkat yang didukung oleh TWRP. Untuk menginstal pemulihan dengan Odin, Anda akan memerlukan file dengan ekstensi .tar.

 Saat pemulihan khusus siap, Anda dapat mulai mencari ROM tanpa TouchWiz. Di forum XDA, Anda akan menemukan banyak ROM yang didasarkan pada Android murni (AOSP) yang dapat Anda coba. Hal utama yang harus diperhatikan adalah seberapa sering pembaruan dan komentar pengguna. Jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana, Lineage OS mungkin tempat yang bagus.

Anda suka TouchWiz / One UI? Jika tidak, modifikasi apa yang Anda lakukan untuk membuat UI lebih tertahankan? Beri tahu kami di komentar di bawah!

BERIKAN KOMENTAR