Cara Meningkatkan Sinyal Wi-Fi di Perangkat Android

Jika Anda memperhatikan bahwa Wi-Fi Anda menghabiskan lebih banyak baterai daripada biasanya, atau Anda selalu terlihat terhubung tetapi internet tidak secepat kilat, maka Anda mungkin menderita koneksi Wi-Fi yang buruk. Berikut panduan kami untuk cara meningkatkan sinyal Wi-Fi di ponsel pintar Android Anda.

Cara Meningkatkan Sinyal Wi-Fi di Perangkat Android

Pelajari titik akses Wi-Fi mana yang terbaik

Mematikan router dan menghidupkannya lagi, yang harus selalu menjadi pilihan pertama Anda ketika menderita koneksi Wi-Fi yang buruk, cara lain adalah menggunakan aplikasi penganalisa Wi-Fi. Pertama, aplikasi ini menyediakan saluran terbaik yang digunakan untuk jaringan khusus Anda. aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan jaringan dan berarti Anda tidak harus menjadi jagoan teknis untuk melakukannya.

Kedua, aplikasi ini menilai jaringan mana di daerah tersebut yang memiliki koneksi paling stabil, yang sering kali bukan yang terhubung dengan telepon Anda secara default. Terakhir, menawarkan akses mudah ke informasi jaringan seperti alamat IP Anda, gateway jaringan, DNS, dll. Ini tidak penting, tetapi berguna untuk pengguna.
penguat wifi

Periksa apakah casing ponsel Anda memblokir sinyal

Banyak telepon yang benar-benar membuat sinyal Wi-Fi Anda lebih buruk, terutama jika mengandung logam, yang sering digunakan untuk perlindungan tambahan atau kickstand. Untuk mengetahui apakah casing Anda memengaruhi sinyal Wi-Fi, lakukan tes kecepatan jaringan tanpa menggunakan casing, lalu, di lokasi yang sama, pasang kembali kasing dan lakukan pengujian lagi. Jika Anda melihat perbedaan saat menggunakan kasing, Anda mungkin ingin melihat alternatifnya. Aplikasi ini meminta sejumlah izin, jadi kami sarankan mencopotnya segera setelah Anda menyelesaikan tes.
wifi speedtest ookla

Tempatkan router Anda di tempat yang tepat

Trik sederhana lain yang dapat sangat meningkatkan koneksi Wi-Fi di rumah adalah optimalisasi lokasi router. Seringkali ditempatkan tepat di sebelah telepon atau outlet kabel, tetapi ini bukan yang terbaik untuk koneksi Anda. Jika Anda dapat memindahkannya, lihat aplikasi pemecah Wi-Fi FDTD yang memungkinkan Anda melihat sekilas bagaimana sinyal router Anda.
WiFi Solver FDTD

MacGyver piringan radio DIY

Apakah semua hal di atas gagal? Sudah waktunya untuk opsi old-school. Jika Anda benar-benar membutuhkan sinyal Wi-Fi yang lebih baik maka Anda benar-benar dapat membuat parabola kecil Anda sendiri untuk 'menangkap' penerimaan yang lebih baik. Ini pada dasarnya adalah versi kecil dari antena radio. Anda dapat menggunakan mangkuk logam atau memotong kaleng soda untuk membuat alat penerima. Ini mungkin bukan hal yang paling praktis untuk dilakukan setiap kali Anda memiliki sinyal yang lemah, tetapi itu menyenangkan.

Ubah pita frekuensi Wi-Fi Anda menjadi 5 GHz

Sebagian besar perangkat Android dapat berjalan pada pita frekuensi 5 GHz, serta pita 2,4 GHz lama. Apa artinya ini? Pada frekuensi yang lebih tinggi, seperti 5 GHz, ada lebih banyak ruang kosong pada spektrum. Ada 23 saluran 20 MHz masing-masing pada frekuensi 5 GHz, yang jauh lebih banyak daripada 14 saluran yang ditawarkan pada 2,4 GHz. Karena saluran tidak tumpang tindih, Anda cenderung mendapatkan sinyal yang lebih baik pada Wi-Fi Anda.

Untuk perangkat di Android 6.0 Marshmallow atau lebih tua

Jika router Anda berfungsi pada pita 5 GHz (sebagian besar router baru-baru ini), maka alihkan telepon Anda ke pita itu dengan masuk ke Pengaturan > Wi-Fi Lanjutan > Pita frekuensi Wi-Fi   lalu ketuk Otomatis. Ini akan memastikan bahwa ponsel Anda berjalan pada pita 5 GHz bila memungkinkan.
pita frekuensi wifi kepoinit

Untuk perangkat yang menjalankan Android 7.0 Nougat atau lebih baru

Tidak ada versi Android tidak memungkinkan Anda untuk beralih band Wi-Fi di pengaturan, tetapi jika Anda merasa Anda masih membutuhkan opsi ini, ada aplikasi Wi-FiAnalyzer open source yang berguna yang akan memungkinkan Anda untuk beralih band Wi-Fi dengan mudah.
analisa wifi

Perbarui radio atau firmware Anda

Jika Anda menerima pembaruan OTA dari operator atau pabrikan Anda, maka ini mungkin tidak berlaku untuk Anda, tetapi jika Anda menjalankan ROM khusus, Anda mungkin kadang-kadang perlu memperbarui radio secara manual di Android. Sebagai contoh, berikut ini cara memperbarui bootloader dan radio pada Nexus 5. Anda juga harus memastikan Anda menggunakan Android versi terbaru untuk memastikan kinerja terbaik. Untuk memeriksanya, buka Pengaturan > Tentang > Pembaruan perangkat lunak.
File Alat ADB Fastboot

Beri tahu ponsel Anda untuk menghindari koneksi yang buruk (Android 6.0 Marshmallow atau lebih lama)

Di menu Pengaturan Android, ada opsi kecil yang bagus yang memberi tahu ponsel Anda untuk menghindari koneksi Wi-Fi yang buruk, yang berarti bahwa ketika sedang memindai jaringan yang tersedia, itu sebenarnya akan menghindari mencoba menghubungkan ke mereka yang memiliki sinyal buruk. Ini akan menghemat banyak dalam hal kekuatan dan frustrasi. Cukup buka Pengaturan > Wi-Fi dan ketuk tombol menu overflow lalu Tingkat Lanjut. Di sini Anda akan melihat kotak centang untuk menghindari koneksi yang buruk.
KepoinIT WiFi Hindari Koneksi yang Buruk
Apakah kita kehilangan trik? Apa yang Anda lakukan untuk meningkatkan sinyal Wi-Fi Anda?

Klik untuk berkomentar