Cara Merekam Panggilan Telepon di Android

Hei, aku tidak menghakimimu. Mungkin ada sejumlah alasan yang sepenuhnya sah mengapa Anda ingin merekam panggilan telepon. Mungkin Anda perlu rekaman untuk acara podcast baru Anda? Atau mungkin Anda hanya memiliki satu kesempatan untuk berbicara dengan Bill Gates dan Anda ingin mengabadikan momen itu selamanya? Apa pun alasan Anda, dimungkinkan untuk merekam panggilan telepon di ponsel Android Anda, dan kami akan menunjukkan caranya. 
Cara Merekam Panggilan Telepon di Android
Peringatan: Sebelum kita mulai, ketahuilah bahwa merekam panggilan telepon tanpa pengetahuan orang lain adalah ilegal. Pastikan Anda tahu hukumnya sebelum Anda melakukannya.

Android Pie menandai akhir dari aplikasi perekam panggilan

Kami semua bersemangat untuk peluncuran Android 9.0 Pie, dan fitur-fitur baru yang keren yang akan dibawanya, tetapi yang mungkin akan segera berakhir adalah rekaman panggilan. Terlepas dari berita di bulan Februari bahwa Android P akan menambahkan nada merekam panggilan untuk mendukung panggilan telepon yang direkam secara sah, sekarang tampaknya Google benar-benar memblokir rekaman panggilan tanpa rooting.
KepoinIT root flash recovery mode fastboot
Ketika Google membatalkan API perekaman panggilan resmi dengan merilis Marshmallow, pengembang dapat mengatasi masalah ini dan aplikasi seperti CallRecorder - ACR dan BoldBeast's Call Recorder lahir. Namun, kedua pengembang sekarang telah mengkonfirmasi bahwa celah yang memungkinkan aplikasi tersebut ditutup di Pie. Ini meninggalkan metode root-only bagi mereka yang ingin merekam panggilan telepon.

Jika Anda ingin tahu cara merekam panggilan telepon sebelum pembaruan Android 9.0 Pie, Anda dapat mengikuti panduan kami di bawah ini.

Bagaimana cara merekam panggilan telepon di Android

Cara termudah untuk merekam panggilan telepon adalah dengan bantuan aplikasi Android. Ada banyak di luar sana yang memenuhi tujuan ini, tetapi yang bisa kami rekomendasikan adalah Smart Voice Recorder. Sederhana dan gratis, dan Anda dapat mengunduhnya dari tautan ini.
perekam suara pintar KepoinIT 2
Gambar di bawah ini menunjukkan proses pada perangkat Sony Xperia. Meskipun ponsel Anda mungkin berbeda, langkah-langkahnya pada dasarnya sama.
  • Melakukan panggilan atau menjawab panggilan telepon masuk.
  • Setelah panggilan tersambung, tanyakan kepada penerima apakah Anda dapat merekam panggilan telepon. Jika mereka merespons dalam persetujuan, Anda dapat melanjutkan dengan langkah-langkah berikut.
  • Pindah ponsel Anda ke speaker atau mode genggam (dalam hal ini, dengan mengetuk ikon speaker).
KepoinIT cara merekam panggilan
  • Tekan tombol beranda untuk tiba di layar awal tanpa membatalkan panggilan Anda.
  • Buka aplikasi Smart Voice Recorder.
  • Ketuk tombol merah besar untuk mulai merekam (jika berhasil, bentuk gelombang berwarna pada tampilan akan terlihat bergerak saat Anda berbicara).
KepoinIT cara merekam panggilan 2
  • Pastikan suara pemanggil terdengar. Semakin keras, semakin baik akan terdengar pada rekaman. Tambah volume menggunakan tombol volume di samping perangkat jika perlu.
  • Saat panggilan selesai, ketuk tombol kotak yang bertuliskan Finish di aplikasi Perekam Suara , dan beri nama file tersebut jika diminta.
  • File yang direkam kemudian dapat diakses di bagian Rekaman aplikasi. Ketuk dan tahan rekaman untuk berinteraksi dengannya.
panggilan rekaman KepoinIT 3

Legalitas rekaman panggilan telepon

Seberapa banyak masalah yang dapat Anda hadapi untuk merekam panggilan suara tanpa izin tergantung pada negara tempat Anda berada. Aturan umumnya berlaku antara persetujuan satu pihak dan dua pihak, tetapi bahkan kemudian ada kasus luar biasa di mana rekaman panggilan diizinkan.

Di AS, hukum negara menentukan tingkat persetujuan. Florida, California, dan Nevada, misalnya, mengharuskan kedua pihak menyetujui panggilan yang direkam agar dianggap sah. Negara bagian lain, seperti Texas, Michigan dan Illinois hanya meminta satu pihak untuk menyetujui rekaman tersebut.

Di Inggris, Anda boleh merekam panggilan telepon tanpa memberi tahu pihak lain selama itu untuk penggunaan pribadi, tetapi Anda tidak dapat membuatnya tersedia untuk pihak ketiga - dengan menggunakannya di podcast atau memutarnya kepada seseorang, misalnya. Di Jerman, persetujuan dua pihak adalah suatu keharusan. Di Italia, semuanya diperbolehkan.

Terlepas dari perbedaan legalitas dari satu negara ke negara lain, Google tampaknya bermain dengan aman dan memblokir sepenuhnya. Sebuah solusi baru mungkin muncul di masa depan, tentu saja, tetapi tampaknya tidak mungkin pada tahap ini. Untuk saat ini, sepertinya pengguna Pie harus menelusuri aplikasi yang memerlukan root jika mereka ingin merekam panggilan telepon pada perangkat Android.

Apa pendapat Anda tentang Android 9.0 Pie yang memblokir panggilan telepon yang direkam? Apakah Anda pernah menggunakan aplikasi perekaman panggilan? Beri tahu kami di komentar.

BERIKAN KOMENTAR