Panduan Lengkap Cara Root Android

Pada artikel ini, kami akan memberi Anda gambaran umum tentang cara me-root perangkat Android, alat yang Anda perlukan dan kesulitan yang akan Anda temui untuk masing-masing perangkat pabrikan. Proses yang digunakan untuk me-root masing-masing perangkat sangat bervariasi dan berubah dengan cepat, jadi sementara kami tidak memberikan petunjuk langkah demi langkah untuk setiap perangkat, kami akan mengarahkan Anda ke tempat yang tepat untuk menemukannya. Mari kita mulai dengan perjalanan rooting Anda!
Panduan Lrngkap Cara Root Android
Sebelum kita membahas cara melakukan root, penting untuk bertanya apakah Anda harus melakukan root pada perangkat Android Anda. Itu pertanyaan yang hanya bisa Anda jawab, tetapi kami memiliki artikel berguna untuk membantu Anda lebih memahamipro dan kontra rooting. Penting juga untuk mencadangkan semuanya sebelum Anda melakukan root dan memahami bahwa Anda bisa kehilangan garansi ponsel Anda. Dengan penolakan itu, berikut adalah beberapa aturan umum dan pedoman untuk me-rooting perangkat Android Anda.

Bersiap untuk melakukan root pada ponsel cerdas Anda

Tidak ada satu pun proses rooting yang berfungsi pada ribuan perangkat Android di luar sana. Prosesnya sangat tergantung pada produsen, dan bahkan kemudian, itu masih bervariasi dari perangkat ke perangkat. Itu pada dasarnya tidak memungkinkan untuk memberikan instruksi langkah demi langkah yang tepat untuk setiap smartphone di luar sana. Yang sedang berkata, Pengembang XDA memiliki instruksi yang tersedia untuk daftar perangkat yang cukup komprehensif. Di situlah Anda harus pergi untuk langkah-langkah yang tepat untuk telepon Anda, tetapi pertama-tama, Anda akan ingin membiasakan diri dengan cara kerja rooting secara umum sebelum melompat ke seluk-beluknya.

Rooting umumnya melibatkan tiga langkah:

  1. Membuka kunci bootloader

  2. Memutar pemulihan baru

  3. Mem-flash file yang akan memberi Anda akses root ke perangkat Anda 

Bootloader adalah perangkat lunak pertama yang dijalankan pada ponsel cerdas Anda ketika Anda menyalakannya, dan itu bertanggung jawab untuk mem-boot sistem operasi Anda dan pemulihan sistem. Untuk mengetahui cara membuka kunci bootloader perangkat Anda, lakukan pencarian cepat Google dan Anda akan menemukan cara untuk melakukannya tanpa banyak masalah untuk sebagian besar smartphone populer.
Setelah Anda membuka kunci bootloader, Anda akan memerlukan pemulihan khusus baru untuk menggantikan pemulihan sistem lama, misalnya, TWRP. Untuk menggantinya, Anda harus membiasakan diri dengan perintah ADB dan Fastboot. Pemulihan khusus untuk menginstal, atau mem-flash, perangkat lunak khusus pada ponsel cerdas Anda. Dengan menggunakan pemulihan khusus, Anda akan dapat mem-flash File SuperSU atau Magisk, yang akan memberi Anda akses root, di antara fitur-fitur lain seperti menjalankan perintah dan membuat cadangan. Setelah telepon Anda di-rooting, kesenangan dimulai dan Anda dapat melakukan hal-hal seperti memasang ROM khusus, bermain dengan bloatware, dan menggunakan aplikasi yang memerlukan akses root.
KepoinIT cara me-root 1

Alat rooting satu-klik

Jika gagasan menghubungkan Android Anda ke PC dan menempatkan banyak perintah ke dalam baris perintah sedikit di luar zona kenyamanan Anda, ada sejumlah alat yang dapat merampingkan proses rooting. Alih-alih rooting perangkat Anda secara manual, Anda dapat mencoba alat satu-klik seperti KingoRoot , KingRoot, OneClickRoot , dan lainnya.

Anda akan ingin berhati-hati dengan ini. Kompatibilitas tergantung pada pabrikan Anda, perangkat apa yang Anda miliki, dan versi Android yang Anda jalankan. Jadi, bahkan jika aplikasi mengklaim itu kompatibel dengan telepon Anda, mungkin tidak jika perangkat Anda benar-benar mutakhir. Jika program mengandalkan eksploit untuk me-rooting perangkat Anda, mereka mungkin sudah ditambal, sehingga alat tidak akan berfungsi. Plus, aplikasi ini sering memasang bloatware dalam bentuk utilitas pembersih ke perangkat Anda, yang mengalahkan tujuan rooting bagi sebagian orang. Mungkin lebih baik untuk melakukan rooting secara manual mengingat masalah keamanan yang terkait dengan aplikasi ini.

Bagaimana cara saya melakukan root pada smartphone saya?

Karena proses rooting cenderung bervariasi di antara pabrikan, berikut adalah beberapa panduan umum dan tips untuk rooting smartphone dari semua merek paling populer. Ini akan memberi Anda gambaran tentang apa yang harus diwaspadai saat Anda melakukan root. Tetapi, untuk instruksi komprehensif untuk perangkat spesifik Anda, kami sarankan beralih ke sumber rooting yang terus diperbarui dari Pengembang XDA.

Bagaimana cara me-root perangkat Samsung

Ketika melakukan rooting pada ponsel cerdas Samsung, Anda sebaiknya diingat bahwa perangkat ini memiliki penghitung flash yang melacak berapa kali firmware telah dikotak-katik. Ini berarti bahwa jika Anda melakukan root pada perangkat Galaxy Anda dan mem-flash apa saja di dalamnya dan kemudian harus mengembalikannya untuk diperbaiki, Samsung dapat menolak klaim Anda karena modifikasi yang dibuat yang tidak tercakup dalam garansi. Samsung tidak lagi menawarkan edisi pengembang dari smartphone mereka, dan model flagships terbaru mereka di AS terkenal sulit untuk di-root (kemungkinan ada hubungannya dengan pengaruh operator), sementara versi internasional cenderung jauh lebih mudah.

Jika Anda berusaha untuk melakukan rooting pada smartphone Samsung, Anda harus terbiasa dengan dua kata kecil untuk Samsung: Odin dan Knox. Odin adalah alat flashing yang Anda perlukan untuk mem-flash file ke smartphone dari PC Anda (untuk Mac, ini disebut Heimdall), di samping driver USB. Knox, untuk keamanan perusahaan, dikirimkan dengan banyak ponsel pintar Samsung dan itu dimaksudkan untuk memungkinkan pengguna untuk memisah-misahkan profil pribadi dan pekerjaan mereka sehingga mereka tidak perlu membawa dua ponsel. Fitur keamanan ini dapat menimbulkan kesulitan selama root, jadi Anda harus mencari solusi jika diaktifkan di perangkat Anda.
kepoinit root s5

Bagaimana cara me-root perangkat Google

Google dalam bisnis membantu pengembang dan penggemar melakukan apa yang mereka inginkan. Jadi, Anda tidak perlu meminta kode pembuka kunci untuk bootloader Nexus atau Pixel, proses rooting sangat mudah dan ada gambar pabrik yang tersedia untuk semua perangkat Google jika Anda memblokirnya. Karena itu, membuka kunci bootloader dapat membatalkan garansi Anda.
KepoinIT Nexus 6 TWRP

Bagaimana cara me-root perangkat HTC

HTC secara resmi mendukung membuka kunci bootloader dan memberikan informasi untuk melakukannya di situs webnya, dan kebijakan garansi yang transparan. Anda dapat memanfaatkan program Pengembang HTC untuk membuka kunci bootloader perangkat Anda, serta mem-flash file ke perangkat.

Bagaimana cara me-root perangkat Huawei / Honor

Untuk membuka kunci bootloader perangkat Huawei atau Honor, Anda cukup mengisi formulir dan meminta kode buka kunci bootloader. Sayangnya, Huawei memutuskan untuk berhenti menyediakan kode-kode ini untuk perangkat Huawei dan Honor beberapa bulan yang lalu, menjadikannya root yang jauh lebih sulit. Sayangnya, Anda harus mencari solusi dengan alat root.

Bagaimana cara me-root perangkat LG

Smartphone LG sedikit sulit: beberapa memiliki bootloader yang mudah dibuka, sementara yang lain membutuhkan sedikit tipu daya untuk dipecahkan. Ada kemungkinan besar Anda membatalkan garansi dengan me-rooting perangkat LG, dan tingkat kesulitannya seringkali tergantung pada operator yang dipermasalahkan, bukan pada perangkat yang Anda gunakan. Di masa lalu, LG bahkan telah memberikan instruksi resmi untuk membuka bootloader LG G4, tetapi dengan peringatan bahwa Anda akan membatalkan garansi.

Dengan smartphone LG, Anda dapat melakukan root secara manual menggunakan pemulihan khusus setelah membuka kunci bootloader, atau menggunakan aplikasi rooting satu-klik, metode mana pun yang membuat Anda lebih nyaman dengan tingkat keahlian dan toleransi risiko keamanan.

Bagaimana cara me-root perangkat Motorola

Motorola memiliki halaman dukungan resmi untuk memandu Anda melalui proses membuka kunci bootloader. Setelah selesai, Anda dapat melakukan rooting secara manual seperti biasa. Tetapi, jika perangkat Anda tidak dapat dibuka kuncinya secara resmi, Anda harus mencoba menggunakan alat satu-klik yang memanfaatkan eksploitasi.

Bagaimana cara me-root perangkat Sony

Tergantung pada jenis ponsel Sony yang Anda miliki - satu dengan bootloader yang tidak dapat dibuka atau tidak - proses root akan sedikit berbeda untuk Anda. Jika bootloader Anda secara resmi tidak dapat dibuka kunci (lihat daftar di sini ), jauh lebih mudah untuk mendapatkan pemulihan khusus pada Xperia Anda dan kemudian membuat modifikasi lebih lanjut dengan mem-flash file zip dan gambar.

Sudahkah Anda me-rooting perangkat Android Anda? Bagaimana pengalaman Anda? Beri tahu kami di komentar.

BERIKAN KOMENTAR