Tips dan Trik Chrome untuk Android

Google Chrome sekarang adalah salah satu browser yang paling banyak digunakan di dunia baik komputer maupun smartphone, terutama yang menjalankan Android. Tidak hanya populer, tetapi juga salah satu opsi terbaik untuk siapa saja yang mencari kecepatan di web seluler. Dengan mengingat hal ini, berikut adalah beberapa tips dan trik untuk membantu membawa pengalaman Chrome Anda ke tingkat selanjutnya.
Tips dan Trik Chrome untuk Android

Apakah ada pemblokir iklan?

Ya, Google telah mengintegrasikan pemblokir iklan dan diaktifkan secara default. Namun, faktanya Anda tetap melihat iklan sesekali, terkait dengan iklan di bawah Standar Iklan yang Lebih Baik. Selama iklan tidak mengganggu konten atau membuat ponsel bergetar, Google menampilkannya di Chrome untuk Android. Kami masih punya tips untuk Anda.

Namun, jika Anda ingin menggunakan pemblokir iklan yang lebih agresif atau bahkan uBlock Origin, Anda perlu mengunduh browser alternatif  Chrome untuk Android. Misalnya, Chromium dan mengintegrasikan pemblokir iklan. Pembuat di balik Brave ingin mengganti iklan konvensional dengan sistem kompensasi berbasis blockchain.
Untuk uBlock Origin, Anda harus mengunduh Firefox dan menginstal add-on di sana.

Bisakah saya menginstal ekstensi?

Tidak, Chrome untuk Android sayangnya tidak mendukung add-on. Ini sangat menjengkelkan jika Anda ingin menyinkronkan ekstensi Chrome dari versi desktop ke aplikasi seluler Chrome. berbeda dengan browser lain. Seperti, Mozilla Firefox, seperti yang telah kami sebutkan di atas, memiliki ekstensi seperti ublock Origin.

Bagaimana cara mengekspor bookmark?

Kata lainnya adalah sinkronisasi cloud, seperti yang sering terjadi pada Google. Sejak pertama kali Anda membuka aplikasi, browser Chrome akan memungkinkan Anda untuk menyinkronkan kata sandi dan bookmark dengan Akun Google. Ada banyak manfaat menggunakan Chrome di perangkat lain seperti PC atau laptop. Proses login lebih cepat, dan ketika Anda mengetik URL, browser  membuat saran untuk Anda dan menghemat banyak waktu.
akun sinkronisasi chrome 2018 04
Impor dan ekspor bookmark secara berkelanjutan dengan sinkronisasi Google Chrome. / © Kepoin IT

Jika Anda sudah menyinkronkan bookmark, yang harus Anda lakukan adalah mencari bookmark dari ponsel di browser desktop. Bookmark yang dibuat di Chrome untuk Android disimpan di folder Mobile Bookmarks, yang kontennya secara otomatis disalin ke semua perangkat Anda yang lain.

Bagaimana cara saya mengelola notifikasi?

Sejak Andorid 7 Nougat, Android telah mendukung Saluran Pemberitahuan. Sebagai aplikasi Google, Chrome jelas merupakan salah satu yang pertama menggunakan fitur baru. Di pengaturan aplikasi, di bawah Pemberitahuan, Anda dapat menemukan semua situs yang mengirim pemberitahuan push.

Bungkam setiap situs web sepenuhnya atau pilih cara mereka memberi tahu Anda. Mungkin pemberitahuan LED sudah cukup, sementara getaran atau suara dimatikan.

Fitur tersembunyi di Chrome untuk Android

Chrome memiliki banyak fitur yang dapat dibuka kuncinya menggunakan daftar bawaan. Di bilah alamat, ketikkan "about: flags" dan Chrome akan menampilkan daftar. Salah satu hal yang akan Anda temukan tentang fitur tersembunyi di Chrome adalah fitur pencarian.

Tampilkan bilah alamat di bagian atas atau bawah

Chrome sedang bereksperimen dengan tata letak baru. Bilah alamat bergerak dari atas ke bawah, tetapi dapat diperpanjang. Di bawah alamat tersebut ada bookmark dan saran. Semuanya seperti Peluncur Pixel. Home Chrome sudah aktif di beberapa perangkat Android One secara default, dan yang lain dapat diaktifkan secara manual.
rumah chrome 2018 04 1
Rumah Chrome dapat diaktifkan dalam dua langkah. / © Kepoin IT

Jika Anda ingin menggunakan tata letak Chrome baru dengan bilah alamat di bagian bawah, cari di flag Modern and Home kemudian aktifkan salah satunya di sana. Mulai ulang Chrome dan nikmati tata letak baru. Jika Anda ingin bilah alamat di Chrome berada di atas, nonaktifkan tata letak dengan cara yang sama.
rumah chrome 2018 04 2
Beranda Chrome akan menunjukkan kepada Anda apa yang terjadi. / © Kepoin IT

Mode Membaca

Terkadang, Chrome akan muncul dengan tawaran untuk membuat halaman lebih mudah dibaca. Jika Anda mengetuk tombol, font diperbesar dan desain situs web diubah sehingga Anda dapat membaca teks dengan lebih mudah.

Cari mode membaca di bendera Chrome seperti yang kami tunjukkan di atas dan aktifkan mode membaca selalu aktif. Kemudian Anda dapat membaca setiap artikel secara sederhana, hitam dan putih polos.
tips chrome trik COM Setup 7
Mode Membaca Chrome. / © Kepoin IT

Apakah Anda sudah menggunakan Chrome di Android? Fitur apa yang Anda gunakan? Bagikan tips Anda di komentar di bawah!

Klik untuk berkomentar