3 Cara Memeriksa Apakah Windows 10 Diaktivasi Dengan Benar

Aktivasi Windows adalah metode Microsoft untuk memverifikasi bahwa Windows asli dan telah dibeli oleh pelanggan. Meskipun efektif, ia datang dengan masalah sendiri. Secara umum, Windows 10 dapat diaktifkan menggunakan dua cara:
  1. Menggunakan kunci produk
  2. Menggunakan lisensi digital
Lisensi digital dapat dilampirkan ke ID Microsoft Anda atau dapat spesifik untuk perangkat. Dalam kedua kasus, Anda tidak perlu memasukkan kunci produk untuk mengaktifkan lisensi Windows 10. Ini akan diaktifkan secara otomatis.

Ada saat-saat ketika pengguna perlu memverifikasi apakah instalasi Windows 10 mereka diaktifkan atau tidak. Pada artikel ini, kita akan melalui tiga cara mudah untuk memverifikasi bahwa lisensi Windows 10 Anda diaktifkan dengan benar.

Menggunakan Pengaturan Windows (hanya Windows 10)

Buka Start Menu → Settings (Windows key + X + N)

Sekarang pergi ke Update & Security → Activation

Panel kanan akan menunjukkan kepada Anda jika Windows diaktifkan. Ini juga akan memberi tahu Anda apakah telah diaktifkan dengan kunci produk atau lisensi digital.
Pengaturan aktivasi Windows 10
Jika tidak diaktifkan, akan muncul seperti ini:
Windows 10 tidak diaktifkan

Menggunakan Control Panel (Semua Versi Windows)

Metode ini dapat berguna jika Anda menggunakan versi Windows yang lebih lama seperti Windows 8.1 atau Windows 7. Karena Windows 10 tidak suka Control Panel, saya akan menunjukkan kepada Anda langkah-langkah pintas untuk membuka properti sistem daripada melalui Control Panel.

Pergi ke Run → Control System

Ini akan membuka jendela properti sistem. Di akhir jendela, Anda akan melihat informasi aktivasi Windows. Tetapi tidak memberikan informasi apa pun tentang lisensi mana yang diaktifkan.
Periksa aktivasi Windows menggunakan properti sistem

Menggunakan command prompt (Semua Versi Windows)

  1. Buka command prompt (Jalankan → cmd)
  2. Jalankan perintah berikut: slmgr / xpr
Ini akan membuka dialog lain dengan informasi aktivasi Windows. Jika Windows 10 diaktifkan, maka akan muncul "This machine is permanently activated".
Mesin ini diaktifkan secara permanen
Jika tidak diaktifkan, maka akan muncul "Windows is in notification mode".
Windows dalam mode notifikasi

Mengaktifkan Windows 10

Jika Windows 10 Anda tidak diaktifkan, ini bisa karena beberapa alasan berikut ini:
  1. Anda membeli komputer baru yang sudah diinstal sebelumnya dengan Windows 10. Windows harus diaktifkan setelah beberapa hari uji coba.
  2. Anda menginstal ulang Windows 10 pada perangkat yang sama. Jika Anda memiliki lisensi Windows 10 digital, lisensi itu harus diaktifkan secara otomatis tanpa memerlukan kunci produk. Cukup sambungkan ke Internet.
  3. Konfigurasi perangkat keras Anda berubah (seperti penggantian motherboard, CPU, dll.). Dalam hal ini, Anda harus mengaktifkan kembali lisensi Windows.
Apa pun masalahnya, Anda dapat mengaktifkan Windows 10 menggunakan langkah-langkah berikut:
  1. Buka Start Menu → Settings (Windows key + X + N)
  2. Sekarang pergi ke Update & Security → Activation
  3. Di panel sebelah kanan, klik "Change product key" di bawah "Activate Windows now"
  4. Masukkan kunci produk 25 karakter yang Anda beli dari Microsoft dan klik Berikutnya untuk melanjutkan proses aktivasi.
Masukkan kunci produk
Pemeriksaan sederhana ini dapat memastikan bahwa kami menggunakan versi Windows yang diaktifkan dan membuat kami aman dari masalah seperti Windows memulai ulang secara otomatis, keluar atau sistem mengunci sendiri berulang kali, dll.

BERIKAN KOMENTAR