Blog Archive

Video Populer

       

Apa itu NFC dan Mengapa Harus Menggunakannya?

Apa itu NFC dan Mengapa Harus Menggunakannya
Teknologi NFC semakin populer berkat banyak aplikasi praktisnya. Tapi, apa itu sebenarnya, dan bagaimana cara kerjanya? Kami menjawab semua pertanyaan Anda yang membara di artikel ini, menjelaskan apa artinya NFC, apa yang dapat Anda lakukan dengan NFC di ponsel Android Anda, jam tangan pintar Anda, dan bahkan dengan tag NFC.

Apa itu NFC?

NFC adalah singkatan dari Near Field Communication. Pada dasarnya, ini adalah cara bagi ponsel Anda untuk berinteraksi dengan sesuatu yang dekat. Ini beroperasi dalam radius sekitar 4 cm dan menyediakan koneksi nirkabel antara perangkat Anda dan lainnya. Ini memungkinkan komunikasi dua arah, dengan kedua perangkat yang terlibat dapat mengirim dan menerima informasi. Koneksi NFC ini tidak bergantung pada Wi-Fi, 3G, LTE atau lainnya, dan tidak ada biaya apa pun untuk digunakan.
cara terbaik untuk menggunakan nfc
Meskipun sekarang menjadi populer di Amerika, jika Anda tinggal di Inggris, Anda mungkin telah menggunakan NFC selama bertahun-tahun tanpa menyadarinya. Apakah Anda tahu tiga garis lengkung pada kartu kredit atau debit Anda yang memungkinkan Anda melakukan pembayaran tanpa kontak di mana-mana hari ini? Ya, itu NFC. Rantai pengecer jalan raya pertama yang diperkenalkan adalah Eat, kembali pada tahun 2008. Sekarang, teknologi yang sama tersedia pada sebagian besar ponsel pintar Android, artinya Anda dapat menggunakan layanan seperti Google Pay untuk mendigitalkan seluruh dompet Anda.
Pembayaran kartu NFC

Bagaimana saya tahu jika ponsel Android saya memiliki NFC?

Ini sangat sederhana. Cukup buka Pengaturan > Lainnya atau Pengaturan > Nirkabel & Jaringan dan lihat apakah ada opsi NFC yang bersembunyi di sana. Sebagian besar ponsel cerdas yang memiliki NFC menempatkan logo NFC kecil di panel belakangnya.
Logo NFC mencolok di bawah dan di sebelah kanan kamera

Bagaimana cara kerja NFC di Android?

NFC mentransmisikan atau menerima data melalui gelombang radio. Ini adalah standar komunikasi nirkabel yang sudah mapan, jadi jika perangkat tetap menggunakan protokol NFC, mereka akan dapat berkomunikasi satu sama lain. Ini berbeda dari Bluetooth karena berfungsi melalui induksi elektromagnetik. Ini berarti ada perangkat pasif, seperti poster atau stiker, yang tidak memerlukan sumber daya sendiri yang dapat mengirimkan data ketika perangkat aktif, seperti ponsel cerdas Anda, bersentuhan dengannya.

Sebagai perangkat NFC aktif, smartphone dapat mengirim dan menerima data melalui NFC. Ini mencakup jangkauan penuh - tiga mode - NFC:
  • Pembaca / penulis (mis. Untuk membaca tag di poster NFC)
  • Emulasi kartu (misalnya untuk melakukan pembayaran)
  • Peer-to-peer (mis. Untuk transfer file) 

Beberapa masalah dengan NFC di Android

  • Tidak semua perangkat membawa chip NFC, tetapi mereka menjadi lebih umum
  • Chip NFC tidak semuanya terletak di tempat yang sama, menghasilkan beberapa penggalian eksplorasi antar perangkat
  • Kompatibilitas silang antar perangkat tidak universal, terutama dalam hal jenis file tertentu
cara terbaik untuk menggunakan nfc 3

Mulai dengan NFC di Android

Pertama, Anda harus mengaktifkan NFC dan Android Beam di kedua perangkat (Pengaturan > Lainnya), maka yang perlu Anda lakukan adalah pergi ke file yang ingin Anda kirim, seperti foto, dan ketuk perangkat bersama-sama. Itu benar, Anda bahkan tidak perlu memilih opsi "kirim via". Pasang kembali perangkat, dan ketika diminta untuk mengkonfirmasi transfer cukup tekan "touch to beam".
cara terbaik untuk menggunakan nfc 4

Untuk apa saya menggunakan NFC ?

  • Kirim nomor telepon
  • Mengirim gambar
  • Kirim dokumen
  • Kirim petunjuk arah
  • Luncurkan aplikasi di ponsel orang lain
  • Melakukan pembayaran
  • Terhubung dengan tag NFC
Komunikasi NFC terjadi melalui udara, dan tidak ada perlindungan nyata terhadap penyadapan dan apa yang sering disebut sebagai man-in-the-middle attacks. Namun, karena jarak yang sangat dekat yang diperlukan agar NFC berfungsi, kerentanan ini bukan masalah besar. Bagaimanapun, seorang pencuri harus berada dalam sentimeter dari tipu daya Anda untuk membaca sepintas data Anda melalui NFC. Jika Anda menggunakan Google Pay, Anda dapat yakin bahwa nomor kartu kredit Anda tidak pernah dikirimkan. Alih-alih, satu nomor akun digital digunakan untuk mengidentifikasi detail pembayaran Anda.

Itu dia. NFC menyediakan cara tercepat untuk mengatur koneksi antara perangkat elektronik dan menyediakan solusi tercepat untuk transfer file antar handset dalam jarak dekat. NFC bagus untuk saat Anda kehabisan kredit, kehabisan data, tidak memiliki Wi-Fi atau sinyal operator, atau tidak memiliki kabel untuk melakukan transfer PC. Cepat, mudah, dan menyatukan dua ponsel adalah hal yang menyenangkan.

Apakah Anda menggunakan NFC pada ponsel cerdas Anda? Apa kegunaan yang Anda temukan untuk itu? Beritahu kami!

Jika ada Pertanyaan, Kritik dan Saran, Silahkan berkomentar

BERIKAN KOMENTAR