Blog Archive

Video Populer

       

Cara Mengunci Cell di Excel

Cara Mengunci Cell di Excel

Saat Anda menangani lembar kerja Microsoft Excel yang rumit atau luas dalam beban kerja sehari-hari, Anda akan menemukan cukup cepat sehingga mungkin merupakan kepentingan terbaik Anda untuk mengetahui cara mengunci sel di Excel. Atau paling tidak, beberapa yang terkait, terutama jika dokumen itu dibagikan dan ditangani oleh beberapa orang di tempat kerja.

Lagi pula, menangani spreadsheet dengan beberapa baris dan kolom, belum lagi ratusan sel yang diisi, bisa menjadi sedikit membingungkan, dan kesalahan akan terjadi. Seseorang dapat secara tidak sengaja menyeret satu sel ke sel lainnya tanpa memperhatikan, mungkin. Atau satu orang dapat menghapus konten sel, tidak menyadari bahwa mereka melakukannya sampai orang lain mengetahui kemudian bahwa informasi itu hilang, dan semuanya sudah terlambat untuk dibatalkan.

Atau, ini bisa menjadi kasus sederhana karena tidak ingin anggota tim lainnya membuat perubahan pada kolom atau baris tertentu. Ini seperti saat ketika mengetahui cara mengunci sel di Excel sangat berguna, sehingga Anda bisa melindungi informasi penting pada lembar kerja Anda dari penghapusan atau perubahan permanen.

Ini adalah hal yang baik bahwa, ketika Microsoft mendesain seluruh rangkaian Office-nya, sangat teliti - sehingga setiap detail tercakup, termasuk memungkinkan pengguna untuk mengunci sel individu untuk perlindungan. Cukup mudah juga.

Berikut cara mengunci sel di Excel, apakah Anda pengguna Windows 10 atau pendukung macOS.

Cara mengunci Cell di Excel

Tidak masalah apakah Anda pengguna Windows 10 atau macOS. Langkah-langkah tentang cara mengunci cell di Excel hampir sama, bahkan jika antarmuka mungkin terlihat sedikit berbeda. Cukup ikuti instruksi kami di bawah ini, dan Anda akan mengunci cell-cell itu dalam waktu singkat.

Langkah 1 : Pilih semua cell di lembar kerja.

Secara default, Microsoft Excel memiliki setiap sel di lembar kerja baru yang disetel untuk dikunci. Ini tidak berarti bahwa sel tidak dapat diedit secara default; hanya itu jika Anda memutuskan untuk mengunci seluruh lembar kerja, Anda dapat melakukannya dengan cepat dan tanpa langkah-langkah tambahan.

Jika Anda hanya perlu mengunci beberapa cell tertentu di lembar kerja Anda, Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa seluruh lembar tidak terkunci.

Langkah 2 : Untuk membuka kunci seluruh lembar, klik kanan pada Windows 10 (ketuk dua jari pada macOS). Kemudian klik pada Format > Protection. Hapus centang atau hapus centang "Locked" dan klik OK.

Pada dasarnya, ini membuka setiap cell di lembar kerja itu.

Langkah 3 : Pilih semua cell individu yang ingin Anda kunci.

Anda dapat memilih seluruh baris atau kolom, atau cell tertentu. Untuk memilih sel tertentu yang tidak bersebelahan, tahan tombol Command pada macOS atau tombol Control pada Windows 10 saat Anda memilih setiap cell secara individual.

Langkah 4 : Pada salah satu cell yang dipilih, klik kanan pada Windows 10 (ketuk dua jari pada macOS). Kemudian klik Format > Protection again.

Langkah 5 : Kali ini, centang "Locked" dan klik OK.

Ini memberitahu Excel bahwa Anda ingin cell-cell tertentu dikunci. Namun langkah ini tidak benar-benar mengunci lembaran. Untuk mengunci lembar-lembar itu, Anda masih harus memberi tahu Excel untuk melindungi lembar kerja.

Langkah 6 : Di menu utama, buka tab Review dan klik Protect Sheet.

Kotak dialog akan terbuka untuk membiarkan Anda memilih beberapa opsi dan juga menetapkan kata sandi. Tetapkan kata sandi, jika perlu.

Langkah 7 : Hanya centang "Select unlocked cells" dan hapus centang semua yang lain.

Ini secara efektif mengunci cell yang telah Anda pilih, tetapi juga membiarkan yang lain tidak dikunci untuk diedit.

Jika ada Pertanyaan, Kritik dan Saran, Silahkan berkomentar

BERIKAN KOMENTAR